Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Jurnalis Meksiko Tewas Dibunuh Bulan Ini

Rabu, 26 Januari 2022 – 23:59 WIB
3 Jurnalis Meksiko Tewas Dibunuh Bulan Ini - JPNN.COM
Para wartawan memegang bingkai foto mendiang jurnalis foto Margarito Martinez di luar markas besar kepolisian Tijuana, Meksiko, Senin (24/1/2022), ketika mereka melakukan aksi protes terhadap pembunuhan Margarito, juga jurnalis Lourdes Maldonado yang dibunuh dalam minggu yang sama. Foto: ANTARA/REUTERS/Jorge Duenes/tm

jpnn.com, MEXICO CITY - Jurnalis Meksiko pada Selasa (25/1) memulai unjuk rasa nasional untuk mengecam pembunuhan tiga wartawan baru-baru ini.

Mereka juga menuntut diakhirinya  impunitas (pembebasan hukuman terhadap pembunuh) yang sering menjadi ciri pembunuhan rekan-rekan mereka.

Unjuk rasa itu menyusul pembunuhan jurnalis kawakan Lourdes Maldonado pada Minggu, tiga tahun setelah dia mengangkat isu pembunuhan dengan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador dan mengatakan dia mengkhawatirkan hidupnya.

Pengunjuk rasa di negara bagian Puebla meletakkan bunga dan lilin di sepanjang jalan dengan tanda bertuliskan “Saya marah pada penyensoran,” dalam rekaman televisi.

Sementara itu, di negara bagian utara, Chihuahua, pengunjuk rasa mencoret dinding “Jurnalisme adalah risiko” dan menggambar wajah Maldonado.

Israel Ibarra, presiden di perguruan tinggi komunikasi Baja California mengatakan jika pemerintah dan masyarakat gagal untuk bertindak, mereka akan “terlibat” tidak hanya dalam pembunuhan Maldonado dan lainnya, tetapi “pembunuhan kebebasan berekspresi di Meksiko”.

Meksiko adalah satu di antara negara yang paling berbahaya bagi jurnalis dan sebanyak 145 orang tewas sepanjang 2000-2021, menurut kelompok advokasi Article 19.

Jaringan jurnalis Meksiko memilih menggelar pertemuan yang akan bertepatan dengan kampanye unjuk rasa daring.

Meksiko adalah satu di antara negara yang paling berbahaya bagi jurnalis dan sebanyak 145 orang tewas sepanjang 2000-2021, menurut kelompok advokasi Article 19.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close