Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Jurnalis Meksiko Tewas Dibunuh, Tahun Ini Paling Mengerikan

Minggu, 06 Maret 2022 – 01:58 WIB
Ratusan Jurnalis Meksiko Tewas Dibunuh, Tahun Ini Paling Mengerikan - JPNN.COM
Para wartawan memegang bingkai foto mendiang jurnalis foto Margarito Martinez di luar markas besar kepolisian Tijuana, Meksiko, Senin (24/1/2022), ketika mereka melakukan aksi protes terhadap pembunuhan Margarito, juga jurnalis Lourdes Maldonado yang dibunuh dalam minggu yang sama. Foto: ANTARA/REUTERS/Jorge Duenes/tm

jpnn.com, MEXICO CITY - Seorang jurnalis Meksiko ditembak dan dibunuh di negara bagian wilayah tengah Zacatecas pada Jumat, kata para pejabat.

Peristiwa itu menambah panjang daftar kasus pembunuhan pekerja media tahun ini yang telah menimbulkan kritik terhadap pemerintahan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

Juan Carlos Muniz, yang bekerja untuk laman berita lokal Testigo Minero dan juga seorang sopir taksi, ditembak di kepala saat mengantar setidaknya dua penumpang, kata seorang karyawan di media itu kepada Reuters.

Kematian Muniz, yang dikonfirmasi oleh polisi negara bagian, menyusul setidaknya lima pembunuhan lain terhadap pekerja media di Meksiko tahun ini.

Aktivis lokal bersama dengan kelompok internasional dan anggota parlemen AS telah meminta Lopez Obrador untuk meningkatkan upaya untuk mengendalikan kekerasan dan melindungi wartawan, termasuk di Zacatecas.

Muniz bekerja di Testigo Minero selama dua tahun untuk meliput kejahatan di kota Fresnillo, kata karyawan lainnya, yang meminta tidak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan.

Gubernur negara bagian itu, David Monreal, mengutuk pembunuhan itu di Twitter.

"Saya telah meminta (polisi setempat) untuk menyelidiki dan menemukan mereka yang bersalah secepat mungkin," cuitnya.

Pembunuhan terhadap jurnalis telah jadi masalah besar di Meksiko sejak awal abad 21 dan tahun ini salah satu yang terburuk

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close