Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Oknum ASN Tersangka Suap Vaksinasi Covid-19, Dua Dokter, Terancam Penjara Seumur Hidup

Sabtu, 22 Mei 2021 – 02:10 WIB
3 Oknum ASN Tersangka Suap Vaksinasi Covid-19, Dua Dokter, Terancam Penjara Seumur Hidup - JPNN.COM
Vaksinasi COVID-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - Polda Sumatera Utara (Sumut) menetapkan empat orang tersangka kasus dugaan suap vaksinasi Covid-19 ilegal kepada beberapa kelompok warga masyarakat di Kota Medan.

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan keempat tersangka itu berinisial SW (40), agen properti Medan Polonia (pemberi suap), dr. IW (45) ASN/dokter pada Rutan Klas I Medan (penerima suap).

Dua lainnya, berinisial KS (47) ASN/dokter pada Dinas Kesehatan Provinsi Sumut (penerima suap) dan SH adalah ASN Kemenkumham Sumut.

Menurut Panca, peristiwa tersebut terjadi Selasa (18/5) pukul 15.00 WIB, saat tersangka SH sebagai penyelenggara melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang tidak sesuai sesuai peruntukkan kepada kelompok masyarakat di komplek perumahan Jati Residence, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu dilakukan oleh dua tenaga kesehatan sebagai petugas vaksinator, yaitu Chufransyah Hakim Simamora dan Elidawati boru Sitanggang. Keduanya merupakan tenaga kesehatan Rutan Medan. Sedangkan pesertanya 50 orang.

"Para peserta vaksinasi membayar biaya vaksin dan jasa penyuntikan sebesar Rp 250.000 per orang kepada SW secara cash atau transfer. Selanjutnya, uang tersebut diserahkan kepada IW sebesar Rp 220.000 per orang. Sisa Rp 30.000 menjadi fee bagi SW," kata Irjen Panca di Polda Sumut, Jumat (21/5).

Dia mengatakan vaksin yang diperjualbelikan itu berasal dari Rutan Tanjung Gusta Medan yang diperuntukkan bagi warga binaan, tetapi oleh pelaku disalahgunakan dengan dijual kepada pihak yang tidak berhak.

Total jumlah orang yang divaksinasi selama 15 kali pelaksanaan vaksinasi yang tidak sesuai peruntukkan terhitung April - Mei 2021 sebanyak 1.085 orang dengan nilai suap sebesar Rp 238.700.000 dan fee untuk pemberi suap sebesar Rp 32.550.000.

Tiga dari empat tersangka suap vaksinasi Covid-19 di Sumut merupakan ASN, dan dua di antaranya oknum dokter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close