Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

335 Meninggal Karena Corona, Inggris Lockdown, Toko Segera Tutup

Selasa, 24 Maret 2020 – 10:42 WIB
335 Meninggal Karena Corona, Inggris Lockdown, Toko Segera Tutup - JPNN.COM
Perdana Menteri Boris Johnson memutuskan Inggris lockdown. Foto: diambil dari metro.co.uk

jpnn.com, LONDON - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akhirnya menetapkan status lockdown selama tiga pekan terhitung mulai Senin (23/3) malam waktu London, untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Berdasarkan ketentuan itu, seluruh masyarakat Inggris harus tinggal di rumah. Semua toko, kecuali yang menjual barang-barang kebutuhan utama, segera ditutup.

Warga tidak boleh lagi bertemu dengan keluarga atau teman yang tidak tinggal di tempat yang sama.

Buat yang melanggar akan kena denda. "Anda harus tinggal di rumah. Virus corona merupakan ancaman terbesar yang dihadapi negara ini selama beberapa dekade. Tanpa upaya nasional yang besar untuk menghentikan pertumbuhan virus ini, maka akan tiba saatnya tidak ada layanan kesehatan yang bisa mengatasinya," kata Johnson dalam pidato darurat nasional yang juga dikutip oleh The Sun.

Johnson sebelumnya terus menolak tekanan untuk memberlakukan karantina wilayah secara penuh, bahkan ketika negara-negara Eropa lainnya sudah melakukannya.

Namun, dia akhirnya terpaksa mengubah taktik karena kemungkinan sistem kesehatan Inggris bisa kewalahan mengatasi wabah.

Sejumlah media di Inggris menyebut angka kematian akibat virus corona di sana kini mencapai 335 hingga Senin (24/3).

PM Johnson menegaskan, masyarakat hanya akan diizinkan keluar dari rumah untuk berbelanja kebutuhan pokok, berolahraga, memerlukan layanan medis, memberikan perawatan atau bepergian ke dan dari tempat kerja jika benar-benar diperlukan.

Boris Johnson yang sempat menolak wacana Inggris lockdown akhirnya menetapkan status tersebut Senin (23/3) malam waktu setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close