Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

361 Lokasi Tes SKD CPNS 2019 Disiapkan

Kamis, 02 Januari 2020 – 17:31 WIB
361 Lokasi Tes SKD CPNS 2019 Disiapkan - JPNN.COM
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Banyuwangi/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mematangkan persiapan titik lokasi (tilok) yang akan menjadi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019. Data per 31 Desember 2019, pemerintah telah menyiapkan 361 titik lokasi mandiri.

“Titik lokasi sampai sekarang masih bergerak terus. BKN menyiapkan Tilok di 13 Kantor Regional, 20 kantor Unit. Sedangkan untuk tilok yang pengadaannya mandiri, per hari Selasa ini telah tersedia 394 tilok. Jumlah tilok masih terus bergerak," ungkap kepala PPSR ASN (Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen Aparatur Sipil Negara), Heri Susilowati, Kamis (2/1).

Sampai saat ini, masing-masing Kantor Regional terus melakukan koordinasi dengan Instansi mandiri.

Selain itu, BKN juga terus memantau kelayakan dan kelengkapan sarana dan prasarana yang disiapkan instansi terkait. BKN juga sedang mematangkan terkait perubahan Peraturan BKN Nomor 8 Tahun 2018 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Targetnya, peraturan tersebut selesai dimatangkan di Januari, untuk memastikan pelaksanaan seleksi berjalan sesuai standar. Berkaitan dengan kesiapan soal SKD, penyedia soal yang terdiri dari konsorsium universitas negeri terbaik di Indonesia yang ditunjuk oleh Panselnas (Panitia Seleksi Nasional).

“Selain melibatkan seluruh Unit BKN, Pelaksanaan SKD CPNS 2019 melibatkan instansi terkait dalam hal infrastruktur. BKN sendiri ada pada kesiapan server dan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan titik lokasi," terang Heri.

 Tim pelaksana CAT yang disiapkan terdiri dari koordinator, super admin, petugas Aplikasi, dan pengawas. Sementara untuk persiapan pelaksanaan, BKN telah  melaksanakan Training of Trainers (ToT) kepada tim pelaksana pada November lalu.

Pada pemetaannya, masing-masing tilok memiliki tim pelaksana CAT yang sudah disiapkan BKN sesuai dengan kebutuhan. Kementerian difasilitasi BKN pusat dan instansi daerah (provinsi, kabupaten, dan kota) difasilitasi oleh Kantor Regional BKN wilayah kerja masing-masing.

BKN mematangkan persiapan titik lokasi, yang akan menjadi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close