Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

4 Cara Mudah Mengatasi Ketombe

Jumat, 11 Oktober 2019 – 04:04 WIB
4 Cara Mudah Mengatasi Ketombe - JPNN.COM
Rambut berketombe. Doucefleur/Shutterstock

jpnn.com - Sampai saat ini, penggunaan sampo masih menjadi cara ampuh untuk mengatasi ketombe. Beberapa kandungan pun dapat ditambahkan dalam sampo yang ditujukan khusus untuk mengatasi ketombe.

“Misalnya, kandungan antijamur, seperti zinc pyrithione, selenium sulfide, atau ketoconazole dalam sampo ketombe yang disebabkan oleh jamur. Biasanya, sampo dengan kandungan ketoconazole lebih efektif dibandingkan zinc pyrithione,” tutur dr. Bobtriyan Tanamas dari KlikDokter.

"Selain itu, selenium sulfide juga sering dipakai dalam kandungan sampo. Pemakaian yang dianjurkan adalah 2-3 kali dalam seminggu selama minimal 1 bulan. Setelah rambut dibasahi dan diberikan sampo, diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas," saran dr. Bobtriyan.

Selain dengan sampo, ada juga cara lain untuk mengatasi ketombe, yaitu:

1. Hindari stres

Stres bukan hanya membuat Anda sulit tidur dan susah konsentrasi. “Nyatanya, stres dapat memicu timbulnya ketombe, bahkan bisa memperburuk gejala yang ada," kata dr. Nadia.

2. Kurangi produk penataan rambut

Hair spray, gel rambut, wax, dan produk sejenisnya dapat menumpuk di rambut maupun kulit kepala. Hal ini bisa membuat kulit kepala menjadi semakin berminyak, sehingga risiko munculnya ketombe akan meningkat berkali lipat.

loading...