Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketombe Bisa Diatasi dengan Jeruk Nipis?

Kamis, 10 Oktober 2019 – 11:54 WIB
Ketombe Bisa Diatasi dengan Jeruk Nipis? - JPNN.COM
Ilustrasi ketombe. Foto: salamati

jpnn.com - Meski bukan masalah serius, memiliki ketombe di kepala tentu sangat menyebalkan. Bisa sebabkan gatal, tapi kalau makin digaruk serpihan putih makin tersebar di rambut dan berjatuhan ke bahu. Nah, jeruk nipis sudah lama dipercaya ampuh mengatasi masalah ketombe. Namun, ini mitos atau fakta, ya?

Ketombe, kok, bisa muncul?
Selain pengelupasan kulit mati di kepala, penyebab lain yang sering memicu rambut berketombe adalah infeksi jamur dan dermatitis seboroik.

"Seseorang yang berketombe sering mengeluh rasa gatal di kulit kepala, terutama bila sedang berkeringat dan berada di cuaca yang panas. Rasa gatal itu akan menyebabkan penderita kerap menggaruk kulit kepala dan mengakibatkan lepasnya sisik (skuama) yang sering dilihat sebagai ketombe dan menempel pada batang rambut," ungkap dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Masih menurut dr. Nadia, terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko munculnya ketombe, yaitu:

Produksi minyak di kulit kepala yang berlebih. Beberapa faktor yang memicu hal tersebut antara lain faktor keturunan, konsumsi makanan tinggi lemak, iklim atau cuaca, stres, usia (misalnya usia pubertas), serta obat-obatan tertentu.

Peningkatan flora normal kulit. Faktor-faktor yang bisa meningkatkan flora normal kulit misalnya kebersihan kulit yang buruk, penyakit kronis, dan obat-obatan tertentu.
Kulit kepala yang sensitif.

Benarkah jeruk nipis bisa membantu mengatasi ketombe?

Selain sampo, mengoleskan air jeruk nipis di kulit kepala dipercaya dapat mengatasi masalah ketombe. Pertanyaannya: apakah ini benar atau hanya kepercayaan belaka?

Dari beberapa penelitian, yang bisa membantu mengatasi ketombe sebenarnya adalah ekstrak dari jeruk nipis. Ekstrak ini biasanya sudah ditambahkan di dalam kandungan sampo. 

Ketombe bisa terjadi karena adanya sel-sel kulit mati yang berganti di kepala. Selain vitamin C, jeruk nipis juga memiliki kandungan lain, yakni asam sitrat. Kandungan ini dipercaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati di tubuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close