Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4 Cara Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Minggu, 01 Desember 2019 – 05:11 WIB
4 Cara Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan - JPNN.COM
Diet. Foto: Harvard Health

jpnn.com - Memiliki tubuh sehat dan ideal adalah dambaan setiap orang. Namun, sering kali untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah. Sudah berbagai cara dan metode diet dilakukan untuk menurunkan berat badan, tapi hasilnya masih belum juga memuaskan. Jadi, apa cara terbaik untuk menurunkan berat badan?

1. Diet Seimbang

Banyak sekali metode diet populer yang beredar di masyarakat, seperti diet mayo, diet OCD, dan diet keto. Telah banyak testimoni dari para pelaku diet tersebut. Diet keto misalnya, disebut berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Pelaku diet keto hanya mengonsumsi sangat sedikit karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak dalam jumlah banyak, demi menurunkan berat badan. Namun, diet tersebut tidak dapat dilakukan untuk jangka panjang karena dapat berisiko negatif bagi kesehatan. 

Nah, dokter gizi Indonesia sepakat bahwa diet yang terbaik dan paling aman adalah diet seimbang. Yaitu, pelaku diet tetap mengonsumsi semua zat gizi yang diperlukan tubuh secara lengkap dalam jumlah yang seimbang.

Tidak ada nutrisi tertentu yang harus dikonsumsi terus-menerus dalam jumlah sangat banyak. Sebaliknya, tidak ada nutrisi yang harus dihindari sama sekali (kecuali asam lemak trans yang konsumsinya harus dihindari sesedikit mungkin). 

Anda disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat (50-60% dari total kalori), protein (10-20%), dan lemak (20-30%). Jangan lupakan juga konsumsi serat 20-30 gram sehari, serta vitamin dan mineral.

Sumber karbohidrat dapat diperoleh dari nasi, bihun, kentang, dan jagung. Sumber protein bisa didapat dari sapi, ayam, ikan, makanan laut, telur, tahu, tempe, dan susu. Serat, vitamin, dan mineral bisa didapat dari sayur dan buah.

Sudah berbagai cara dan metode diet dilakukan untuk menurunkan berat badan, tapi hasilnya masih belum juga memuaskan. Jadi, apa cara terbaik untuk menurunkan berat badan?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close