Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4 Hal ini Perlu Diperhatikan Untuk Mencegah Kaki Diabetes

Minggu, 16 Agustus 2020 – 04:20 WIB
4 Hal ini Perlu Diperhatikan Untuk Mencegah Kaki Diabetes - JPNN.COM
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan lemak menempel di dalam pembuluh darah kaki. Alhasil, pembuluh darah menjadi menyempit dan peredaran darah di sekitarnya menjadi tidak lancar.

Selain itu, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan saraf-saraf, sehingga akan muncul gejala baal atau mati rasa.

Hal inilah yang sering kali membuat penderita tidak sadar bahwa ada luka pada kaki mereka. Akibatnya, luka menjadi semakin parah karena tidak dirawat.

Hal-Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Selain pencegahan di atas, kaki diabetes bisa dihindari apabila Anda memperhatikan asupan nutrisi makanan harian Anda. Berikut penjelasannya:

1. Konsumsi Karbohidrat Rendah Indeks Glikemik

Komposisi karbobidrat yang disarankan sebanyak 60 persen dalam menu harian.

Karbohidrat rendah indeks glikemik merupakan karbohidrat lepas lambat dengan nilai 55 ke bawah, di mana gula yang terkandung di dalam karbohidrat akan diserap perlahan. Alhasil, penderita akan merasa kenyang lebih lama dan kadar gula akan naik perlahan.

2. Asuran Serat yang Cukup

Asupan serat yang cukup dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan menghambat precursor pembentukan glukosa (gula di dalam darah). Salah satu contoh serat yang disarankan adalah yang mengandung inulin. Inulin dapat menurunkan waktu transit di saluran cerna.

Mencegah jauh lebih baik dibandingkan dengan mengobati karena perawatan kaki diabetes membutuhkan kesabaran dan sulit dilakukan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close