Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

4 Kiat Diet Bebas Gluten yang Aman Bagi Tubuh

Sabtu, 04 Juli 2020 – 09:34 WIB
4 Kiat Diet Bebas Gluten yang Aman Bagi Tubuh - JPNN.COM
Menurunkan berat badan. Foto:Dietsmart

jpnn.com - Banyak orang mengikuti tren diet bebas gluten karena tergoda untuk menurunkan berat badan. Namun, justru beberapa makanan bebas gluten memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan makanan yang mengandung gluten. Selain itu, banyak juga junk food yang memiliki label bebas gluten.

Akibat terfokus untuk memilih makanan yang hanya berlabel bebas gluten, banyak orang yang kurang kritis, sehingga tidak memperhatikan kalori yang terkandung dalam makanan tersebut.

Kiat Diet Bebas Gluten yang Aman Bagi Tubuh

Jika Anda tidak menderita celiac, sebaiknya hindari diet bebas gluten. Untuk menjaga kesehatan sekaligus mendapatkan tubuh ideal, fokuslah pada pengaturan sumber karbohidrat yang baik dan pola makan sehat. Jadi, Anda tak perlu menghindari semua makanan yang berbahan gluten.

Namun, jika Anda memang ingin ikut diet ini, berikut beberapa tips diet bebas gluten yang aman bagi tubuh:

  1. Kritis dalam membaca kandungan makanan
  2. Mengonsumsi multivitamin untuk penderita celiac
  3. Memperbanyak konsumsi serat dari sumber lain 
  4. Pantau berat badan dan kadar gula darah

Diet bebas gluten sebenarnya cocok untuk penderita penyakit celiac atau yang sensitif terhadap gluten. Jika tujuan Anda ingin menurunkan berat badan saja, tentunya diet jenis ini tidak dianjurkan. Anda harus memperhatikan kemungkinan risiko kesehatan yang ditimbulkan.

Bahaya gluten free pada orang normal dapat menyebabkan berbagai dampak negatif, salah satunya kekurangan nutrisi. Karena itu, sebelum melakukan diet, ada baiknya Anda konsultasikan tentang jenis diet yang akan dijalani dengan dokter ataupun ahli gizi, sehingga kesehatan Anda tidak terganggu.(WA/klikdokter)

loading...