Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4 Manfaat Kunyit yang Bikin Kaget

Jumat, 14 Juni 2024 – 02:00 WIB
4 Manfaat Kunyit yang Bikin Kaget - JPNN.COM
Ilustrasi kunyit. Foto: Laman MSN

jpnn.com, JAKARTA - KUNYIT merupakan salah satu bumbu dapur populer yang biasanya digunakan dalam berbagai hidangan gurih.

Kunyit merupakan salah satu bahan utama untuk hidangan seperti nasi kuning, gulai, rendang, dan lainnya.

Namun selain itu, kunyit juga telah lama terkenal sebagai herbal yang bisa membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Kunyit adalah akar kehidupan

Digunakan untuk membumbui segala macam olahan, kunyit, akar dari keluarga jahe juga mendapat tempat dalam perawatan kecantikan dan digunakan untuk mencerahkan kulit kusam.

Namun, tahukah Anda bahwa kunyit yang ramah lingkungan ini memiliki sifat antiinflamasi dan dikatakan bisa membantu mengatasi nyeri radang sendi dan kekakuan sendi?

Faktanya, sebuah penelitian tahun 2017 yang meninjau efek kurkumin pada kesehatan manusia, pigmen kuning cerah yang memberi warna pada kunyit, menyatakan bahwa kunyit memiliki efek yang sama dengan ibuprofen dalam menghilangkan rasa sakit dan gejala radang sendi lainnya.

2. Melindungi Anda dari sindrom metabolik

Ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, berat badan berlebihan di sekitar pinggang, dan kadar kolesterol tinggi, sindrom metabolik meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan diabetes.

Ada beberapa manfaat kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh dan salah satunya adalah membantu mengendalikan gejala depresi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close