Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

480 Advokat Peradi Siap Bertugas di Seluruh Wilayah Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 – 17:58 WIB
480 Advokat Peradi Siap Bertugas di Seluruh Wilayah Indonesia - JPNN.COM
Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan memberikan pembekalan kepada para advokat. Dok: Humas Peradi.

jpnn.com, JAKARTA - ‎Sebanyak 480 orang advokat Peradi mengucapkan sumpah di Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta pada Rabu (12/6). Mereka mengucapkan sumpah setelah diangkat sebagai advokat pada Selasa petang (11/6).

‎“Advokat yang sudah diangkat tadi 480 orang. Sebagaimana ditentukan undang-undang, mereka ini setelah diangkat barulah disumpah di pengadilan tinggi,” kata Otto Hasibuan, Ketua Umum (Ketum) DPN Peradi.

Otto menyampaikan bahwa penyumpahan di pengadilan tinggi tersebut merupakan salah satu syarat bagi para advokat baru Peradi untuk bisa berpraktik atau menjalankan profesinya sebagai advokat.

‎“Itu merupakan syarat untuk mereka bisa melakukan praktik sebagai advokat di seluruh Republik Indonesia. Jadi walapun dia diangkat di sini (Jakarta), tetapi bisa berpraktik di seluruh wilayah Republik Indonesia,” kata dia.

Setelah diangkat sebagai advokat, ‎Peradi tetap memberikan pembekalan sebelum nantinya mereka mulai terjun di dunia advokat.

“Kita berikan bekal jangan sampai dia terjun di masyarakat, dia tidak memiliki bekal yang cukup,” ucapnya.

‎Otto menegaskan pembekalan ini sangat penting meskipun mereka sebelumnya telah mendapat berbagai ilmu hukum ketika mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang digelar Peradi.

Menurutnya, banyak dari advokat yang baru diangkat ini sudah berkecimpung di dunia hukum, misalnya mantan anggota Polri, jaksa, dan hakim. Namun tetap harus diberikan pembekalan karena baru memasuki profesi atau dunia anyar.

“Yang menjadi advokat ini banyak sekali, ada yang bekas jaksa, bekas hakim, bahkan yang jenderal beberapa orang serta guru besar diangkat menjadi advokat,” ujarnya.

Sebanyak 480 advokat dari Peradi diambil sumpah dan siap bertugas di seluruh wilayah Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close