Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Bahaya Minum Kopi bagi Ibu Hamil dan Janin

Kamis, 03 Januari 2019 – 04:31 WIB
5 Bahaya Minum Kopi bagi Ibu Hamil dan Janin - JPNN.COM
Ibu hamil. Foto Ilustrasi

jpnn.com - Minum kopi di pagi hari, rasanya sudah seperti sebuah kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasa kopi yang pahit namun nikmat membuat minuman yang mengandung kafein itu sangat cocok untuk mengawali hari. Kendati begitu, kopi tak melulu mendatangkan beragam manfaat sehat. Si hitam yang satu ini juga dapat mengundang bahaya, khususnya pada ibu hamil.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa kopi memiliki beberapa kandungan yang berpotensi menganggu kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Adapun beberapa bahaya yang sangat mungkin dialami ibu hamil yang minum kopi, yaitu:

1. Kesehatan plasenta terancam

Dilansir dari American Pregnancy, kandungan kafein dalam kopi dapat melintas menuju plasenta. Dengan demikian, zat itu dapat tersalurkan ke tubuh janin yang ada di dalam perut ibu hamil. Bukannya bermanfaat, keadaan tersebut justru dapat mengancam keselamatan janin karena dirinya masih belum mampu memetabolisme kafein yang masuk ke dalam tubuhnya.

2. Menghambat penyerapan zat besi

Minuman berkafein memiliki senyawa yang disebut fenol yang membuat tubuh Anda lebih sulit menyerap zat besi. Padahal, zat besi sangat dibutuhkan ibu hamil sebagai pengantar oksigen di dalam tubuh, membantu membentuk plasenta, mengurangi risiko anemia, dan memperkecil risiko perdarahan saat persalinan.

3. Bikin anak obesitas kelak

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMJ Open menemukan fakta menarik. Asupan kafein yang berlebihan selama kehamilan berkaitan dengan pertumbuhan yang berlebihan selama tahun pertama kehidupan bayi.

Untuk mengurangi risiko tersebut, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk membatasi asupan kafein tidak lebih dari 200 miligram per hari atau tidak meminumnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close