Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

5 Kiat Agar Terhindar dari Berita Hoaks Virus Corona

Senin, 30 Maret 2020 – 13:42 WIB
5 Kiat Agar Terhindar dari Berita Hoaks Virus Corona - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Wabah virus Corona atau Covid-19 yang terus meningkat hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia membuat masyarakat resah. Sayangnya, di tengah keresahan masyarakat, ada saja oknum atau pihak yang justru memberikan informasi yang tidak valid mengenai virus corona.

Padahal, informasi yang salah atau hoaks tersebut bisa menambah waswas, bahkan dapat menimbulkan rasa takut dan panik di tengah-tengah masyarakat.

Dalam keterangan tertulis Facebook, Senin (30/3), memamg saat ini hampir semua instansi seperti Kementerian, Kepolisian hingga perusahaan teknologi terus memerangi penyebaran informasi hoax di internet.

Jika Anda masih bingung membedakan berita hoaks, kali ini Facebook memberikan lima langkah agar masyarakat dapat terhindar dari informasi yang salah tentang virus corona di internet:

1. Bersikaplah skeptis terhadap judul

Misinformasi atau berita palsu seringkali memiliki judul bombastis dengan huruf kapital dengan tanda seru. Jika judulnya kelihatannya mengejutkan dan tidak dapat dipercaya, maka kemungkinannya itu berita palsu alias hoaks.

Perhatikan alamat situs atau URL berita. Alamat situs atau URL palsu seringkali dibuat mirip aslinya dengan memberikan sedikit perubahan, semisal mengganti huruf kapital “I” dengan huruf kecil “I” atau mengganti nol “0” dengan “o”.

Jika Anda kurang yakin, Anda dapat membuka jendela browser yang baru dan masuk ke dalam situs yang sebenarnya untuk membandingkan URL dengan sumber terpercaya.

loading...