Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Kiat Mudah Menurunkan Kadar Asam Urat

Minggu, 11 Agustus 2019 – 19:03 WIB
5 Kiat Mudah Menurunkan Kadar Asam Urat - JPNN.COM
Ilustrasi asam urat. Foto: Pixabay

jpnn.com - Kadar asam urat dalam darah yang tinggi dapat menimbulkan gejala peradangan pada sendi yang sering disebut dengan gout arthritis. Ketika mengalami serangan, akan menimbulkan nyeri pada sendi, khususnya pada ibu jari kaki. Itu sebabnya menurunkan kadar asam urat harus diupayakan.

Ketika mengalami peningkatan kadar asam urat, dokter yang menangani akan memberikan obat untuk mengatasinya. Selain itu, terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Cara mengontrol kadar asam urat dalam darah
Asam urat dalam darah dapat dikendalikan dengan konsumsi obat, namun keberhasilannya akan sangat dipengaruhi oleh pola hidup orang tersebut. 

Baik dengan menjaga pola makan maupun perubahan pola hidup, menerapkan beberapa tips berikut dapat sangat membantu keberhasilan mengontrol asam urat.

1. Batasi konsumsi makanan tinggi purin
Kandungan purin dalam tubuh akan dipecah, sehingga memperoleh produk berupa asam urat di dalam darah. Ketika konsumsi makanan tinggi purin, akan sangat memengaruhi kadar asam urat dalam darah, sehingga terjadi peningkatan yang dapat menimbulkan gejala asam urat.

Oleh karena itu, sangatlah penting membatasi konsumsi makanan tinggi purin, seperti:

  • Jeroan, termasuk hati, otak, paru dan usus
  • Makanan laut, termasuk ikan laut, kerang, udang dan kepiting
  • Daging
  • Minuman beralkohol
  • Minuman tinggi gula.

2. Tingkatkan konsumsi makanan rendah purin

Dengan meningkatkan konsumsi makanan rendah purin dapat membantu menjaga pola hidup sehat yang terhindar dari makanan tinggi purin. Jenis makanan yang dapat menjadi pilihan, antara lain adalah:

Ketika mengalami peningkatan kadar asam urat, dokter yang menangani akan memberikan obat untuk mengatasinya. Selain itu, terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close