Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Minuman ini Bisa Bikin Asam Urat Kambuh

Kamis, 07 Maret 2019 – 17:50 WIB
5 Minuman ini Bisa Bikin Asam Urat Kambuh - JPNN.COM
ILUSTRASI. Pemanis buatan. Foto: Laman Sheknows

jpnn.com - Penyakit asam urat bisa sangat menyebalkan karena bisa mengganggu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup. Penderitanya bahkan harus mengontrol segala jenis asupan yang dikonsumsi, termasuk minuman.  Beberapa jenis minuman memang ternyata mengandung purin yang bisa dapat membuat penyakit asam urat kambuh.

Purin merupakan zat yang bertanggung jawab terkait kadar asam urat di dalam tubuh manusia. Pada umumnya zat purin ditemukan pada makanan yang mengandung protein tinggi, seperti kedelai. Selain itu, ada sebagian minuman yang ternyata mengandung zat ini, dan bisa jadi sudah tak asing lagi bagi Anda.

Beberapa minuman yang memiliki kandungan purin tinggi dan wajib dihindari oleh penderita asam urat maupun orang yang tak ingin mengalami penyakit tersebut, di antaranya:

1. Bir

Alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Salah satu mekanismenya adalah dengan menstimulasi hati untuk memproduksi asam urat.

"Di dalam tubuh, alkohol akan diubah menjadi asam laktat yang dapat mengganggu pembuangan asam urat oleh ginjal. Dari berbagai macam jenis minuman beralkohol, bir adalah yang paling banyak mengandung purin akibat dari proses fermentasinya," ujar dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter.

2. Minuman ringan dengan pemanis buatan

Beberapa penelitian telah menemukan peningkatan risiko asam urat dari minuman yang dimaniskan dengan gula. Satu studi besar mengungkap bahwa hanya satu minuman ringan manis per hari sudah mampu menggandakan risiko seorang wanita untuk menderita penyakit asam urat.

Beberapa minuman yang memiliki kandungan purin tinggi dan wajib dihindari oleh penderita asam urat maupun orang yang tak ingin mengalami penyakit tersebut.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close