Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Penyebab Kehamilan Kedua Lebih Sulit Terjadi

Minggu, 03 November 2019 – 21:03 WIB
5 Penyebab Kehamilan Kedua Lebih Sulit Terjadi - JPNN.COM
Ilustrasi logo seseorang hamil. Foto: Antara

jpnn.com - Setelah lancar menjalani kehamilan hingga persalinan anak pertama, kini Anda ingin merencanakan kehamilan kedua. Sayangnya, setelah berusaha keras, kehamilan kedua malah lebih sulit terjadi. Apa yang salah?

Perlu Anda tahu, kesulitan untuk memperoleh kehamilan kedua disebut dengan infertilitas sekunder. Pasangan suami istri dikatakan mengalami kondisi ini bila telah memiliki seorang anak dan tidak berhasil mendapatkan keturunan kembali setelah satu tahun berhubungan seksual teratur tanpa alat kontrasepsi.

Faktanya, sekitar 3 juta wanita usia subur di Amerika mengelami infertilitas sekunder. Di seluruh dunia, setengah dari kasus gangguan kesuburan didalangi oleh infertilitas sekunder.

Penyebab kehamilan kedua lebih sulit terjadi

Meski kasus infertilitas sekunder marak terjadi, pasien dengan kondisi tersebut relatif jarang berkonsultasi ke tenaga kesehatan. Mereka beranggapan, bila sebelumnya sudah berhasil hamil dan memiliki anak maka berikutnya tidak akan ada kesulitan untuk kembali memiliki keturunan.

Sayangnya itu adalah anggapan yang keliru. Pasalnya, infertilitas sekunder dapat terjadi akibat banyak faktor, yang sebagian besar serupa dengan infertilitas primer.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kesulitan kehamilan kedua:

1. Usia semakin bertambah

Kesulitan untuk memperoleh kehamilan kedua disebut dengan infertilitas sekunder. Pasangan suami istri dikatakan mengalami kondisi ini bila telah memiliki seorang anak dan tidak berhasil mendapatkan keturunan kembali setelah satu tahun berhubungan seksual

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close