Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

500 Ribu Siswa Dapatkan Akses Pembelajaran Digital Teknologi Terbaru

Sabtu, 20 Februari 2021 – 18:20 WIB
500 Ribu Siswa Dapatkan Akses Pembelajaran Digital Teknologi Terbaru - JPNN.COM
Ilustrasi pembelajaran digital. Foto: dok TambahPinter.com

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Ali Ramdhani memastikan program reformasi madrasah yang dirilis pada Oktober 2020 terus bergulir.

Tahun ini ditargetkan ada 500 ribu siswa madrasah yang akan mendapat akses pembelajaran digital dengan teknologi terkini.

"Sebanyak 500 ribu siswa madrasah akan diberikan akses pembelajaran digital teknologi terbaru," kata Ali Ramdhani dalam konsinyering program madrasah reform realizing education’s promise dan madrasah education quality reform (REP-MEQR) di Jakarta, Sabtu (20/2).

REP-MEQR merupakan kerja sama antara Kemenag dan Bank Dunia. Ini merupakan program modernisasi tata kelola penyelengaraan pendidikan dasar dan menengah di Kemenag. Pelaksanaan proyek didanai oleh Bank Dunia dengan anggaran mencapai Rp 3,75 triliun atau USD 250 juta.

Kemenag juga telah menandatangani kerja sama dengan Alef Education, sebuah lembaga yang berbasis di Uni Emirat Arab. Kerja sama ini mencakup program pengadaan alat belajar digital serta teknik dan materi yang mendukungnya.

Menurutnya, reformasi madrasah harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat sampai ke pelosok. Reformasi ini bukan berarti mendidik siswa menjadi seorang programer, namun mendidik siswa memiliki cara berpikir komputasi.

"Saat ini sistem sudah diciptakan dengan sangat bagus tetapi harus didorong dengan digital culture," terang Dhani, sapaan akrab Ali Ramdhani.

Digitalisasi pendidikan madrasah, kata Dhani, akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal, program itu baru akan menyentuh madrasah negeri.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag mengungkapkan sebanyak 500 ribu siswa madrasah akan mendapatkan akses pembelajaran digital teknologi terkini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close