Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

500 Siswa Hadiri Festival Makin Cakap Digital di Depok

Senin, 19 Juni 2023 – 01:00 WIB
500 Siswa Hadiri Festival Makin Cakap Digital di Depok - JPNN.COM
Sebanyak 500 siswa dari berbagai sekolah SMP di Kota Depok, Jawa Barat, mengikuti Festival Makin Cakap Digital 2023 yang digelar di Ronatama Convention Hall, Kota Depok. Foto: GNLD Siberkreasi

jpnn.com, DEPOK - Sebanyak 500 siswa dari berbagai sekolah SMP di Kota Depok, Jawa Barat, mengikuti Festival Makin Cakap Digital 2023 yang digelar di Ronatama Convention Hall, Kota Depok.

Program yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi itu berlangsung pada Kamis (15/6).

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP Dinas Pendidikan Kota Depok Muhammad Yusuf mengatakan terdapat empat ruang lingkup etika di dunia digital, yakni kesadaran, bertanggung jawab, harus jujur menghindari terjadinya plagiasi manipulasi, dan memiliki kebajikan terhadap orang lain.

“Dengan etika ini akan membuat adik-adik menjadi orang yang bijaksana, maka ikuti etika berinternet yang tadi sudah bapak sampaikan, dan etika digital ditawarkan sebagai pedoman bagi adik-adik bagaimana bisa menggunakan internet, menggunakan media digital secara sehat,” sebut Yusuf.

Penggiat Japelidi Head of Center or Publication dan juga LSPR Institute Xenia Angelica Wijayanto menyebutkan salah satu cara agar aman di media digital adalah dengan mulai menjaga identitas.

“Kita harus hati-hati. Jangan pernah mengumbar data pribadi di media sosial, pahami dan kenali siapa yang kita ajak berinteraksi, jangan gegabah memberikan informasi, karena bisa jadi orang yang ngobrol dengan kita mengakunya teman kita ternyata bukan, kemudian posting hal-hal yang positif atau menyebarkan hal kebaikan yang bisa menambah informasi orang lain dan itu akan berdampak baik pada diri kita,” ujar Xenia Angelica.

Content Creator dan juga Key Opinion Leader Rifa Arhas mengatakan siswa harus berhati-hati karena tidak semua artikel itu benar atau relavan. Dia mengajak siswa harus benar-benar memfilter informasi-informasi, jangan sampai nanti termakan hoaks.

“Manfaatkan sisi positif dari media sosial. Jadi kita harus bisa membatasi diri kita di media sosial karena banyak banget hal-hal dimedia sosial yang baik dan juga buruk,” jelas Rifa Arhas.

Para siswa harus miliki kesadaran, bertanggung jawab, jujur menghindari terjadinya plagiasi manipulasi, dan memiliki kebajikan terhadap orang lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close