Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

56,8 ton Garam di Langit Jakarta

Senin, 04 Februari 2013 – 06:26 WIB
56,8 ton Garam di Langit Jakarta - JPNN.COM
JAKARTA--Teknologi "pawang hujan" Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dinilai cukup berhasil menurunkan intensitas hujan di Jakarta dan sekitarnya. Hasil evaluasi Sembilan hari terakhir membuat BPPT optimis teknologi itu bisa diterapkan di daerah lain.

Selama sembilan hari terakhir, intensitas hujan di Jakarta dan sekitarnya turun cukup signifikan. Kepala UPT Hujan Buatan BPPT Florentinus Heru Widodo mengatakan, selama sembilan hari terakhir, setidaknya ada dua hari yang oleh BMKG diprediksi terjadi hujan dalam curah yang tinggi. Yakni, pada 27 dan 30 Januari. "Setelah diterapkan TMC, curah hujan di kedua hari itu mengalami penurunan," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (3/2).

Dia mengatakan, BPPT belum akan melakukan evaluasi menyeluruh untuk TMC. "Evaluasi menyeluruh baru kami lakukan setelah satu bulan berjalan," terangnya. Karena itu, saat ini hanya diberlakukan evaluasi harian. Hasil evaluasi itu menunjukkan tren positif.

Setiap hari selama Sembilan hari terakhir BPPT rutin menggarami awan yang ada di atas wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bermodalkan bubuk halus NaCl, pesawat Hercules dan Cassa milik TNI AU sukses melaksanakan tugasnya di udara. Total sudah 56,8 ton garam yang disemai di atas awan Jabodetabek.

JAKARTA--Teknologi "pawang hujan" Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dinilai cukup berhasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA