Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

633 Unit Rumah Di Bolaang Mongondow Terendam Banjir

Jumat, 28 Juni 2024 – 12:08 WIB
633 Unit Rumah Di Bolaang Mongondow Terendam Banjir - JPNN.COM
Sejumlah rumah yang terendam banjir di Bolaang Mongondow. Dok: Humas BNPB.

jpnn.com, BOLAANG MONGONDOW - Bencana banjir melanda Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, pada Rabu, (26/6). Banjir dipicu hujan deras yang mengguyur sejak 07.00 WITA hingga 05.00 WITA keesokan harinya menyebabkan genangan air setinggi 1 hingga 1,5 meter di berbagai desa.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan wilayah yang paling terdampak termasuk Desa Toruakat, Pusian, Pusian Barat, dan Pusian Selatan di Kecamatan Dumoga; Desa Tonom, Mogoyunggung Induk, dan Mogoyunggung satu di Kecamatan Dumoga Timur.

Kemudian Desa Tanoyan Utara dan Kopandakan dua di Kecamatan Lolayan; serta Desa Dondomon, Dondomon Selatan, Dondomon Utara, Mopuya Selatan satu, Mopuya Induk, Mopuya Utara, Tumokang, dan Mopugat Selatan di Kecamatan Dumoga Utara.

“Berdasarkan pendataan BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow sebanyak 671 kepala keluarga atau 1.893 jiwa terdampak,” kata dia dalam siaran persnya, Jumat (28/6).

Dia menyebut para pengungsi lebih memilih tinggal di rumah kerabat mereka yang aman dari bencana banjir.

“Tercatat ada 633 unit rumah yang terendam, satu unit fasilitas pendidikan, dan satu unit fasilitas ibadah juga ikut terdampak,” kata dia.

Kemudiam jalan penghubung antara Desa Doloduo II dan Desa Makaruo juga terputus, menambah kesulitan mobilitas di daerah tersebut.

Tim dari berbagai instansi seperti TRC BPBD, TNI/POLRI, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Balai Wilayah Sungai Sulut I, pemerintah desa, dan relawan masyarakat segera turun ke lapangan untuk membantu warga yang terdampak.

Ratusan unit rumah di Kabupaten Bolaang Mongondow terendam banjir setelah diguyur hujan deras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close