Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

7 Makanan Ini Bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Jumat, 27 Desember 2019 – 11:21 WIB
7 Makanan Ini Bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung - JPNN.COM
Sakit jantung. Foto : Pixabay

jpnn.com - Jantung merupakan salah satu organ di dalam tubuh manusia yang punya peran vital. Pasalnya, jantung bertugas untuk menyuplai darah ke seluruh organ di dalam tubuh agar bisa berfungsi maksimal.

Karena itu, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Bukan hanya melalui pola hidup, tapi juga makanan sehat dan bernutrisi seimbang. 

Salah satu masalah jantung yang kerap dialami itu adalah penyakit jantung koroner. Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, jantung koroner terjadi akibat adanya plak pada pembuluh darah. Plak ini terbentuk dari kolesterol jahat dari makanan yang mengendap dalam jangka waktu panjang.

Makanan Sehat untuk Kesehatan Jantung

Jadi, apa saja, sih, makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Ikan

Ikan mengandung lemak sehat yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatan pembuluh darah dan jantung. Dijelaskan dr. Alvin Nursalin, Sp.PD dari KlikDokter, Anda dapat memilih ikan dengan kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Misalnya, ikan salmon, ikan haring dan ikan trout.

Selain itu, dilansir Cleveland Clinic, ikan berlemak seperti ikan tuna mengandung protein yang cukup untuk melindungi kesehatan jantung. Jika Anda tidak suka makan ikan utuh, Anda bisa mencampurkannya dalam salad atau sandwich sebagai menu camilan sehari-hari.

2. Alpukat

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Bukan hanya melalui pola hidup, tapi juga makanan sehat dan bernutrisi seimbang.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close