Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

7 Manfaat Cuka Sari Apel, Wanita Pasti Suka

Minggu, 25 Desember 2022 – 06:52 WIB
7 Manfaat Cuka Sari Apel, Wanita Pasti Suka - JPNN.COM
Ilustrasi cuka sari apel. Foto: Ist/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda pernah mengonsumsi cuka sari apel? Cuka sari apel biasanya digunakan dalam hidangan seperti salad.

Namun, manfaat cuka sari apel tentu tidak hanya itu saja. Cuka sari apel juga telah lama diketahui baik untuk kesehatan tubuh.

Apple cider vinegar (ACV) atau cuka sari apel dibuat dengan memfermentasi sari buah apel terlebih dahulu dengan bakteri dan ragi hingga berubah menjadi alkohol kemudian difermentasi kembali dengan bakteri pembentuk asam asetat sehingga berubah menjadi cuka.

Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat tradisional dan pengobatan alternatif karena banyak manfaatnya.

Dengan hanya 3 kalori per sendok makan, ACV sangat rendah kalori dan menyenangkan bagi pengamat berat badan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Femina.in.

1. Antimikroba

Sifat cuka sari apel yang sangat asam efektif melawan berbagai jenis patogen dan inilah mengapa secara tradisional digunakan untuk membersihkan dan mensterilkan luka, mengobati jamur kuku, kutu, kutil dan infeksi telinga.

Sifat antimikroba dari cuka sari apel ini juga membuatnya menjadi pengawet yang bagus untuk makanan dan penelitian telah menunjukkan bahwa itu mencegah pertumbuhan mikroba seperti E. coli dalam makanan.

Ada beberapa manfaat cuka sari apel yang ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan salah satunya ialah sebagai minuman detoks.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close