Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

75 Instansi Pusat dan Daerah Raih BKN Award 2020

Kamis, 17 Desember 2020 – 19:05 WIB
75 Instansi Pusat dan Daerah Raih BKN Award 2020 - JPNN.COM
Kepala BKN Bima Haria Wibisana. Ilustrasi Foto: arsip jpnn.com/Mesya Mohammad

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 75 instansi pusat dan daerah meraih BKN Award 2020 karena berhasil dalam pelaksanaan manajemen aparatur sipil negara (ASN). Mulai dari aspek perencanaan kebutuhan sampai dengan pengawasan. Ini merupakan tahun keenam sejak BKN Award diluncurkan pada 2015

"BKN Award ini bertujuan memacu kinerja instansi dalam melaksanakan 14 butir manajemen ASN," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam rakornas kepegawaian 2020 secara virtual, Kamis (17/12).

Dia melanjutkan, BKN yang diberikan kewenangan melakukan pembinaan dalam penyelenggaraan manajemen ASN secara nasional akan memberikan apresiasi pada instansi yang berhasil menjalankan masing-masing butir manajemen tersebut. 

Adapun penilaian instansi pengelola kepegawaian terbaik yang meraih BKN Award dinilai berdasarkan lima kategori. Kategori pertama adalah perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun.

Kategori kedua, implementasi SAPK dan pemanfaatan CAT. Kategori ketiga, penilaian kompetensi.

Kategori keempat, implementasi penilaian kinerja. Kategori kelima komitmen pengawasan dan pengendalian. 

Sementara Plt Karo Humas BKN Paryono menjelaskan, penilaian yang dilakukan pada kategori I berupa instansi yang sudah memiliki analisis jabatan dan analisis beban kerja secara digital dan memberikan layanan pengadaan, kepangkatan, dan pensiun sesuai tenggat waktu yang ditentukan. 

Untuk penilaian pada kategori II berupa instansi yang sudah melakukan updating/validasi data disertai integrasi sistem informasi kepegawaian di instansinya dengan SAPK, SDM yang memadai dalam mengoperasikan SAPK dan memiliki infrastruktur penunjang sehingga pengusulan layanan mutasi kepegawaian dalam SAPK sesuai waktu yang ditentukan.

BKN memberikan award bagi 75 instansi pusat dan daerah yang mengimplementasikan manajemen kepegawaian dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close