Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

9 Makanan ini Bisa Mengendalikan Kolesterol

Jumat, 02 Agustus 2019 – 10:09 WIB
9 Makanan ini Bisa Mengendalikan Kolesterol - JPNN.COM
Alpukat. Foto: pixabay

jpnn.com - Kolesterol tinggi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang semakin banyak dikeluhkan masyarakat saat ini. Jika tidak pintar-pintar menjaga asupan, bukan tak mungkin kolesterol Anda akan merangkak naik. Dampaknya, ancaman terkena stroke hingga serangan jantung pun terjadi. Namun tak perlu cemas, sembilan makanan ini bisa Anda manfaat untuk kendalikan kadar kolesterol.

Berikut ini kesembilan makanan yang bisa Anda nikmati manfaatnya: 

1. Oatmeal
Biji-bijian seperti oat dapat mengurangi kadar kolesterol dengan menyerap lemak dalam aliran darah. Oat juga mengandung serat larut yang disebut beta-glukan yang bertugas mengikat lemak dan membawanya keluar dari tubuh melalui tinja.

Secangkir oat mentah atau setengah cangkir oat matang menghasilkan 5 gram serat larut. Nah, mengonsumsi serat 5-10 gram per hari akan sangat efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol. 

2. Kacang kenari
Sama seperti ikan, kacang kenari kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3. Dua zat tersebut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol serta mencegah terjadinya peradangan pada pembuluh darah.

Alhasil, Anda juga bisa terhindar dari masalah tekanan darah tinggi. Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan pada 2016 melaporkan, kacang kenari tak hanya baik untuk mengendalikan kolesterol dan tekanan darah, tapi juga menunda kerusakan retina pada lansia. 

3. Kacang Kedelai
Protein, isoflavon, lesitin, saponin, dan serat dalam kedelai juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Isoflavon tak hanya berguna untuk menurunkan kolesterol, tapi juga tekanan darah.

Sementara itu, saponin bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol ke dalam sel. Konsumsilah dua porsi tahu atau susu kedelai per hari dan rasakan efek positifnya. 

Kadar kolesterol tinggi tidak boleh dibiarkan berlama-lama. Yuk, konsumsi sembilan makanan di atas untuk kendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close