Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

9 Manfaat Alpukat, Bisa Cegah Osteoporosis Hingga Penyakit Kronis

Senin, 23 Desember 2019 – 08:37 WIB
9 Manfaat Alpukat, Bisa Cegah Osteoporosis Hingga Penyakit Kronis - JPNN.COM
Alpukat. Foto: pixabay

jpnn.com - Anda salah satu orang yang menyukai dan menikmati buah alpukat. Tampaknya, Anda boleh berlega dan bersenang hati. Buah hijau dan mengenyangkan ini ternyata kaya akan manfaat.

Salah satu buah yang dianggap sebagai superfood adalah alpukat. Tak hanya lezat dan bisa diolah dalam berbagai cara, manfaat alpukat pun sulit ditolak karena kaya akan nutrisi. Apa saja kebaikan alpukat yang bisa Anda petik?

1. Kaya akan Nutrisi dan Memberikan Efek Kenyang yang Lama
Menurut Nutrient Database dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 40 gram alpukat mengandung beberapa hal ini.

  • 64 kalori.
  • 6 gram lemak.
  • 3,4 gram karbohidrat.
  • kurang dari 1 gram gula.
  • 3 gram serat.

Alpukat merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B-6 yang baik, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, kandungan lemak tersebut “bersahabat” untuk kesehatan tubuh.

Alpukat kaya akan lemak sehat dan sangat bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga nafsu makan terkontrol. Ini tentu dapat membantu orang-orang yang sedang diet atau ingin mempertahankan berat badan ideal.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata
Alpukat mengandung lutein dan zeaksantin. Keduanya terdapat dalam jaringan mata dan berfungsi untuk meminimalkan kerusakan mata. Khususnya dari sinar ultraviolet.

Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan, seperti beta-karoten. Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan yang disebabkan oleh faktor penuaan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Alpukat mengandung beta-sitosterol. Beta-sitosterol merupakan jenis kelompok sterol yang terdapat di berbagai tanaman. Jika dilihat struktur kimianya, beta-sitosterol mirip dengan kolesterol.

Salah satu buah yang dianggap sebagai superfood adalah alpukat. Tak hanya lezat dan bisa diolah dalam berbagai cara, manfaat alpukat pun sulit ditolak karena kaya akan nutrisi.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close