Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

90 Persen Penularan Corona di Melbourne Diketahui Berasal dari Satu Keluarga

Kamis, 20 Agustus 2020 – 07:43 WIB
90 Persen Penularan Corona di Melbourne Diketahui Berasal dari Satu Keluarga - JPNN.COM
Rydges on Swanston merupakan salah satu dari dua hotel yang digunakan di Melbourne sebagai tempat karantina bagi warga yang kembali ke negara bagian Victoria selama pandemi. (AAP: Scott Barbour)

Sekitar 90 persen kasus aktif virus corona di negara bagian Victoria, Australia, berasal dari satu keluarga yang terdiri atas empat orang. Mereka menjalani karatina di hotel Rydges on Swanton di Melbourne sekembalinya dari luar negeri.

  • Penyelenggaraan karantina COVID-19 pada dua hotel di Melbourne sedang diselidiki
  • Seorang pakar epidemiologi menjelaskan ada satu keluarga yang dikarantina di hotel Rydges menunjukkan gejala sebelum pekerja hotel tertular
  • Perwira Angkatan Bersenjata Australia menyatakan pihak militer telah menawarkan bantuan untuk penyelenggaraan karantina

 

Kebijakan karantina yang dijalankan Pemerintah Victoria saat ini sedang diselidiki oleh komite khusus dengan menghadirkan sejumlah saksi.

Salah satunya pakar epidemiologi dari Departemen Kesehatan, Dr Charles Alpren, yang menegaskan hampir seluruh kasus COVID-19 pada gelombang kedua pandemi ini bersumber dari tempat karantina di Hotel Rydges.

Dr Alpren menjelaskan, seorang anggota keluarga yang dikarantina menunjukkan gejala COVID-19 pada 9 Mei, sedangkan tiga orang anggota keluarga lainnya mengalami hal serupa beberapa hari kemudian.

Keempat orang ini dipastikan positif COVID-19 setelah menjalani tes, begitu pula dengan tiga pekerja hotel yang telah menunjukkan gejala sejak 25 Mei.

90 Persen Penularan Corona di Melbourne Diketahui Berasal dari Satu Keluarga Photo: Dr Charles Alpren menyatakan belum diketahui bagaimana virus menyebar dari tamu yang dikaratina ke petugas hotel Rydges di Melbourne. (Supplied: COVID-19 Hotel Quarantine Inquiry)

 

Pada 18 Juni, sebanyak 17 orang lainnya yang terkait dengan hotel memiliki hasil positif setelah dites dan secara epidemiologis bisa dilacak ke klaster Hotel Rydges.

Sekitar 90 persen kasus aktif virus corona di negara bagian Victoria, Australia, berasal dari satu keluarga yang terdiri atas empat orang

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close