Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Abu Bakar Ba'asyir Dilarikan ke RS Harapan Kita

Sabtu, 12 Agustus 2017 – 15:43 WIB
Abu Bakar Ba'asyir Dilarikan ke RS Harapan Kita - JPNN.COM
Abu Bakar Ba'asyir di RS Harapan Kita. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir (ABB) sedang dalam kondisi tidak sehat. Sakit menahun pada kakinya, membuat dia harus dilarikan ke Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Dokter MER-C Joserizal Jurnalis terkait saat konferensi pers kondisi terkini kesehatan ABB di kantor Pusat MER-C, Jl. Kramat Lontar, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8).

"Kesimpulannya, ada sakit kronik di kedua vena (aliran balik) pada kaki beliau (ABB). Sehingga menyebabkan bengkak. Saat ini sudah dirujuk ke RS-JHP sejak Kamis (10/8) kemarin," jelasnya.

Menurut Rizal, rujukan tersebut dilakukan karena peralatan medis di Lapas Gunung Sindur, tempat ABB menjalani hukumannya, tidak mencukupi untuk mengobservasi penyakit Pimpinan Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) itu.

Dugaan tim medis MER-C, ada beberapa gejala yang menyebabkan pembengkakan di kaki ABB. Sehingga, diperlukan observasi menyeluruh terhadap kondisi kesehatannya. Termasuk pemeriksaan jantung, abdomen hingga otak dengan CT Scan.

"Kaki beliau bengkak. Kecurigaan kami, penyebab bengkaknya kaki, bisa dari jantung, ginjal, aliran balik, pembuluh darah. Makanya semua kita eksplor," paparnya.

Secara teknis, urai Rizal, ada dua vena di area kaki yang bengkak. Vena luar dan dalam. Hasil pemeriksaan, vena dalam tidak kuat memompa darah ke jantung. Sehingga, menyebabkan pembengkakan.

"Tapi, tidak ditemukan sumbatan. Flow arteri, pembuluh darah utama bagus," tambahnya.

Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir (ABB) sedang dalam kondisi tidak sehat. Sakit menahun pada kakinya, membuat dia harus dilarikan ke Rumah

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close