Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Ada Hal Meringankan, Amjon dan Azman Dituntut Belasan Tahun Penjara

Jumat, 19 Februari 2021 – 10:15 WIB
Ada Hal Meringankan, Amjon dan Azman Dituntut Belasan Tahun Penjara - JPNN.COM
Mantan Kadis ESDM Kepri Amjon saat ditahan atas kasus korupsi izin pertambangan bauksit di Kabupaten Bintan tahun 2018-2019. (Ogen)

jpnn.com, TANJUNGPINANG - Dua mantan kepala dinas di Provinsi Kepulauan Riau, Amjon dan Azman Taufik dituntut hukuman belasan tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Kepri, Kamis (18/2).

Amjon yang merupakan mantan kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dituntut 14 tahun penjara.

Sementara Azman Taufik selaku mantan kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dituntut hukuman 13 tahun 6 bulan penjara.

Terdakwa Amjon juga dituntut membayar denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan, dan Azman Taufik denda Rp 500 juta subsider 5 bulan kurungan.

Tuntutan itu dibacakan oleh JPU Dodi Gazali Emil dalam sidang perkara tindak pidana kasus korupsi izin pertambangan bauksit Kabupaten Bintan tahun 2018-2019 yang merugikan negara Rp 32,5 miliar.

Dalam tuntutannya, Jaksa Dodi mengatakan hal yang memberatkan kedua terdakwa adalah karena tidak mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan korupsi.

Perbuatan keduanya telah menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 32,5 miliar.

"Adapun hal yang meringankan, kedua terdakwa mengakui perbuatannya," kata Dodi ketika membacakan tuntutan tersebut.