Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Adat Palembang di Pernikahan Ibas-Aliya

Kamis, 24 November 2011 – 14:08 WIB
Adat Palembang di Pernikahan Ibas-Aliya - JPNN.COM
JAKARTA—Proses pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa, Kamis (24/11) di Istana Cipanas, dipenuhi dengan rangkaian prosesi adat. Prosesi adat Palembang, Sumatera Selatan dijalani oleh kedua mempelai dan keluarga.

Diawali dengan prosesi mengantar Ibas oleh keluarganya diiringi tabuhan musik tradisional Komering dan tarian ngigol yang dilakukan empat penari. Presiden SBY dan Ani Yudhoyono beserta keluarga, tampak apik memakai pakaian adat Palembang.

Setelah rangkaian berbalas pantun, mempelai pria dipersilahkan masuk untuk melangsungkan akad nikah. Saat akad nikah, Ibas dan Aliya tidak dipertemukan. Setelah akad nikah selesai, barulah Aliya keluar untuk menemui suaminya pertama kali dalam adat membatalkan wudhu. Prosesi ini ditunjukkan dengan cara ibu jari Ibas menyentuh kening istrinya.

 

Usai akad nikah, rangkaian prosesi adat pernikahan Ibas dan Aliya, dilanjutkan dengan acara suap-suapan.  Kemudian, kedua mempelai menjalani prosesi cacap-cacapan.

JAKARTA—Proses pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa, Kamis (24/11) di Istana Cipanas, dipenuhi dengan rangkaian prosesi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA