Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Agenda Megawati di Italia: Hadiri Sidang Juri Zayed Award dan Temui Paus Fransiskus

Minggu, 17 Desember 2023 – 20:56 WIB
Agenda Megawati di Italia: Hadiri Sidang Juri Zayed Award dan Temui Paus Fransiskus - JPNN.COM
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri di Roma, Italia, Minggu (17/12). Foto: Tim Dokumentasi Megawati

jpnn.com, ROMA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mendapat kehormatan sebagai hakim atau juri dari lembaga kemanusiaan internasional bernama Zayed Award Human Fraternity (ZAHF). Megawati juga akan menemui Paus Fransiskus.

Pertama, Megawati selama berada di Roma akan mengikuti persidangan sebagai hakim atau juri ZAHF mulai Minggu (17/12) hingga Selasa (19/12).

Hal itu disampaikan Ketua DPP Bidang Luar Negeri PDI Perjuangan Ahmad Basarah, hari ini

"Penghargaan ini didedikasikan untuk memperingati pertemuan bersejarah antara Imam Besar Al Azhar YM Ahmed Al-Tayeb dan YM Paus Fransiskus, pada 4 Februari 2019, yang menghasilkan Dokumen Persaudaraan Umat Manusia. Sekaligus sebagai penghormatan terhadap almarhum Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan, pendiri Uni Emirat Arab. YM Ahmed al-Tayeb dan YM Paus Fransiskus adalah penerima panghargaan pertama dari Zayed ini," terang Ahmad Basarah.

Sekretaris Jenderal ZAHF Mohamed Abdelsalam menjelaskan setiap tahun ZAHF mengadakan seleksi untuk memilih tokoh-tokoh di dunia, baik perseorangan maupun organisasi yang dianggap berjasa bagi perjuangan bagi kemanusiaan dan persaudaraan antarumat manusia untuk mendapatkan penghargaan.

Untuk menentukan siapa pemenang award tersebut, ZAHF memilih hakim atau juri yang berasal dari tokoh-tokoh yang dianggap kredibel dan telah berperan positif bagi negaranya atau bagi dunia. Untuk 2023 ini, lembaga bergengsi tersebut memilih Megawati Soekarnoputri dari Indonesia sebagai salah satu hakim/juri ZAHF.

Selain Megawati, ada lima orang Juri ZAHF lainnya, mereka adalah Sekretaris Jenderal Dewan Tetua Muslim Dunia sekaligus Sekretaris Jenderal ZAHF YM Hakim Muhammada Abdelsalam, YM Kardinal Leonardo Sandri (Prefect Emeritus Sri Paus untuk Gereja Oriental), Rebeca Grynspan Mayufis (Sekretaris Jenderal UNCTAD), Rabbi Abraham Cooper (Ketua Komisi Amerika untuk Kebebasan Beragama Internasional), dan Irina Bokova (Mantan Dirjen UNESCO)

Direncanakan rapat persidangan ZAHF akan mengadakan rapat dengan Sri Paus Fransiskus pada hari Senin (18/12) di Santo Basilica Vatikan.

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mendapat kehormatan sebagai hakim atau juri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close