Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ahli Gizi Sebut Maltodextrin di Susu Formula Aman

Rabu, 04 September 2024 – 16:54 WIB
Ahli Gizi Sebut Maltodextrin di Susu Formula Aman - JPNN.COM
Ahli ilmu gizi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Rosyanne Kushardina S.Gz MSi.(kanan). Foto Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ahli ilmu gizi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Rosyanne Kushardina S.Gz MSi mengatakan maltodextrin merupakan salah satu bahan makanan tambahan (BTP) yang aman.

Hal itu karena terbuat dari bahan alami dan tidak hanya terdapat dalam susu formula

“Maltodekstrin biasa ditambahkan ke produk pangan sebagai pengawet, penguat rasa, filler atau meningkatkan volume, untuk meningkatkan tekstur, dan ada juga yang digunakan sebagai perisa,” ujar Rosyanne dalam diskusi kesehatan di Jakarta, Selasa (3/9). 

BPOM telah mengatur soal bahan tambahan pangan melalui BPOM No. 11 Tahun 2019.

Sesuai namanya, BTP ditambahkan secara sengaja ke produk makanan/minuman, untuk tujuan teknologi pada pembuatan maupun pengolahan pangan untuk menghasilkan komponen tertentu atau memengaruhi sifat pangan tersebut, baik secara langsung atau tidak langsung.

"Terdapat 27 golongan BTP, di antaranya pemanis, pengawet, pengental, penguat rasa, peningkat volume, dan perisa," ucapnya.

Maltodekstrin juga kerap digunakan sebagai pengganti laktosa pada produk susu untuk mereka yang intoleransi terhadap laktosa.

Informasi soal ini penting disampaikan, karena belakangan beredar isu di media sosial maltodextrin dikatakan berbahaya untuk kesehatan anak dan meningkatnya diabetes. 

Ahli Gizi Dr. Rosyanne Kushardina S.Gz MSi. menyampaikan Maltodextrin di susu formula aman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA