Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ahli Sebut Minum Air dari Galon Polikarbonat Tidak Menyebabkan Gangguan Janin

Kamis, 05 September 2024 – 09:50 WIB
Ahli Sebut Minum Air dari Galon Polikarbonat Tidak Menyebabkan Gangguan Janin - JPNN.COM
Ketum IAKMI Hermawan Saputra mengatakan meminum air dari galon guna ulang atau polikarbonat berstandar SNI aman dan tidak sampaikan menyebabkan gangguan janin. ilustrasi. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra mengatakan meminum air dari galon guna ulang atau polikarbonat aman.

Sebab, galon-galon tersebut sudah memiliki standar SNI dan telah melewati serangkaian penelitian dan uji kecocokan pangan.

"Kalau semua produk terutama kemasan itu sudah terstandar SNI ya tandanya dia juga level toleransinya terhadap cemaran itu tidak membahayakan dan itu tidak sampai menimbulkan gangguan kehamilan dan janin," kata Hermawan Saputra, dikutip Kamis (5/9).

Hal ini disampaikan menyusul kampanye hitam terkait penggunaan galon guna ulang yang disebut-sebut tercemar senyawa BPA.

Hermawan menjelaskan badan akreditasi mutu telah melakukan serangkaian penelitian dan uji klinis sebelum memberikan label SNI pada galon atau kemasan pangan apa pun.

Ahli Epidemiologi itu melanjutkan dari hasil penelitian diambil kesimpulan bahwa paparan BPA dalam galon polikarbonat masih dalam batas aman dan tidak membahayakan konsumen.

"Artinya, dengan terstandar atau ter-SNI maka dia (galon) sudah melewati tahap evidence base komparatif atau studi perbandingan terhadap hasil penelitian dengan hasil produksi yang sudah ada," ungkap Hermawan.

Terkait penelitian-penelitian yang dipakai dan menjadi dasar atas polemik BPA dalam galon guna ulang saat ini.

Ketum IAKMI Hermawan Saputra mengatakan meminum air dari galon guna ulang atau polikarbonat berstandar SNI aman dan tidak sampaikan menyebabkan gangguan janin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA