Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ahmad Luthfi Masuk Bursa Cagub Jateng, Elektabilitas Langsung Tertinggi

Sabtu, 06 Juli 2024 – 13:00 WIB
Ahmad Luthfi Masuk Bursa Cagub Jateng, Elektabilitas Langsung Tertinggi - JPNN.COM
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad luthfi (ANTARA/ I.C. Senjaya)

jpnn.com, JAKARTA - Approval Rating Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah berada dibawah 50 persen. Hal ini berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan publik Jawa Tengah terhadap pemerintahan saat ini.

Approval rating dan tingkat legitimasi akan kembali menguat dimana melalui pilkada publik Jawa Tengah berhasil memilih secara langsung  siapa Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2024-2029.

Survei menemukan ada beberapa masalah yang harus segera diselesaikan oleh pemerintahan Jawa Tengah diantarnya yang paling  menjadi perhatian utama untuk segera diselesaikan oleh pemerintahan Jawa Tengah  yaitu; Kemiskinan; lapangan kerja/pengangguran; harga-harga kebutuhan pokok yang mahal dan; pupuk yang langka dan mahal.

Tingkat Pengetahuan publik Jateng terhadap Jadwal persis pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah (27 November 2024) sedikit meningkat. Meskipun demikian sebagian besar pubik Jawa Tengah yang telah memiliki hak pilih akan menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jawa Tengah nanti.

Publik Jawa Tengah menyukai karakter/kepribadian/watak calon Gubernur Jawa Tengah yang populis/merakyat; tegas dan berani; cepat tanggap/sigap dan mengayomi.

Publik Jawa Tengah lebih menyukai kandidat dengan latar kepribadiannya; berlatar TNI/Polri; latar leadership dalam memecahkan masalah dan; latar dukungan Jokowi. 

Pengaruh Jokowi terhadap publik Jawa Tengah cenderung kuat dalam menentukan kesukaan bahkan pilihan publik terhadap calon Gubernur Jawa Tengah.

Mayoritas publik Jawa Tengah ternyata mempertimbangkan pendapat dan saran. Temuan survey ini dipertajam dengan menanyakan tokoh/sosok/profil terkenal yang dijadikan rujukan pendapat dan sarannya. tokoh./sosok/profil terkenal yang pendapatnya dan sarannya dijadikan rujukan terkuat adalah Presiden Jokowi; Prabowo; Kepala Desa/Lurah; pimpinan TNI/Polri setempat dan; ketua RT/RW setempat.

Disamping itu peristiwa Sukolilo di Kab Pati yang menarik perhatian publik luas dan berhasil diatensi dan ditangani secara berwibawa oleh Ahmad Luthfi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA