Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ahmad Sahroni Dukung Pembangunan Lapas di Babel Guna Mengatasi Over Kapasitas

Senin, 29 April 2024 – 20:28 WIB
Ahmad Sahroni Dukung Pembangunan Lapas di Babel Guna Mengatasi Over Kapasitas - JPNN.COM
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mendukung pembangunan Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Toboali di Bangka Belitung (Babel) sebagai salah satu solusi mengatasi over kapasitas.

Hal itu disampaikan Sahroni merespons langkah Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Babel melanjutkan pembangunan Lapas Toboali sebagaimana diungkapkan Kakanwil Harun Sulianto, di Pangkalpinang, Sabtu (28/4),

Pembangunan Lapas Toboali juga didasari belum adanya lembaga pemasyarakatan di Kabupaten Bangka Selatan.

Sahroni sendiri menilai permasalahan utama dari lapas di Indonesia umumnya memang terkait kapasitas yang berlebih di lapas.

"Problem utama kita memang lapas ini sudah banyak yang over kapasitas. Kalau dibiarkan begitu terus, khawatir jadi tidak layak dan muncul kerentanan aspek HAM," ujar Sahroni melalui keterangan tertulis, Senin (29/4).

Oleh karena itu, lanjutnya, bagi wilayah yang belum memiliki lapas, seperti di Toboali, Komisi III sangat mendukung untuk segera dibangun lapas di sana.

"Untuk Kanwil Kemenkumham lain bisa ditiru juga, (narapidana) jangan ditumpuk di satu tempat," kata legislator Fraksi Partai NasDem itu.

Walakin, Sahroni juga memberi pesan kepada para penegak hukum, untuk terus mengedepankan restorative justice.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendukung pembangunan Lapas Toboali di Babel sebagai salah satu solusi mengatasi over kapasitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close