Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Airlangga Berbagi Kabar Baik untuk PKL dan Warung, Alhamdulillah

Kamis, 09 September 2021 – 16:55 WIB
Airlangga Berbagi Kabar Baik untuk PKL dan Warung, Alhamdulillah - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membagikan kabar baik bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membagikan kabar baik bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW).

Airlangga menyebut pemerintah meluncurkan program Bantuan Tunai sebagai dukungan bagi UMKM dan korporasi untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19 khususnya bagi sektor usaha mikro.

Bantuan ini ditujukan untuk wilayah yang terkena PPKM Level 4 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 dan Nomor 28 Tahun 2021 sehingga para penerima belum mendapatkan bantuan skema Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

“BTPKLW sebagai kompensasi atas kerugian ekonomi akibat pembatasan dan diharapkan menjadi sinyal untuk menggerakkan kembali ekonomi masyarakat di tingkat bawah,” kata dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (9/9).

Bantuan untuk sektor usaha mikro dengan pagu sebesar Rp 1,2 triliun ini akan disalurkan bagi satu juta pelaku usaha yang masing-masing akan mendapatkan Rp 1,2 juta.

Airlangga menyebut Kota Medan di Provinsi Sumatera Utara menjadi kota pertama yang menerima bantuan BTPKLW karena peran strategisnya sebagai episentrum perekonomian di Sumatera.

Pemerintah menugaskan TNI dan Polri untuk melakukan pendataan dan menyalurkan bantuan tersebut langsung ke masyarakat. Penyaluran bantuan oleh TNI dan Polri ini dilakukan melalui sistem aplikasi yang mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

“Dengan persiapan seluruh regulasi dan anggarannya, Alhamdulillah hari ini bisa di uji coba di kota Medan. Ini disediakan untuk satu juta paket sebanyak Rp 1,2 juta,” ujar Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membagikan kabar baik bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close