Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ajukan Utang Rp 43 Triliun, Rini Tak Ajak DPR

Jumat, 25 September 2015 – 19:53 WIB
Ajukan Utang Rp 43 Triliun, Rini Tak Ajak DPR - JPNN.COM
Rini Soemarno. Foto; dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Heri Gunawan mengaku tidak diajak bicara oleh Menteri BUMN Rini Soemarno tentang pengajuan utang Rp 43 triliun untuk tiga bank BUMN dari China Development Bank (CDB). 

Heri khawatir, kalau di kemudian hari tiga bank dimaksud harus menanggung resiko utang, ujung-ujungnya tukar guling.

"Menteri BUMN telah mengajukan pinjaman kepada CDB untuk BNI-46, Mandiri, dan BRI. Kami DPR tidak diajak bicara. Kekhawatiran DPR, kalau terjadi nantinya risiko utang, tiga bank BUMN tersebut sangat mungkin ditukar-guling," kata Heri Gunawan, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (25/9).

Keputusan sepihak dari Rini tersebut lanjutnya, menciderai semangat pembahasan RUU BUMN yang sedang berlangsung. "Salah satu poin pentingnya adalah penguatan kontrol DPR terhadap setiap aksi korporasi yang strategik dan berisiko besar seperti utang,” tegas Heri.

Dia menjelaskan, total pinjaman USD 3 miliar, masing-masing bank pelat merah itu mendapat USD 1 miliar. Jangka waktu pinjaman itu selama 10 tahun dengan komposisi 30 persen dalam mata uang Tiongkok, dan 70 persen dalam dolar Amerika Serikat.

Politikus Partai Gerindra ini menegaskan, Komisi VI DPR, belum mendapat penjelasan resmi dari tiga bank tersebut dan Menteri BUMN mengenai apa saja yang tertuang dalam komitmen perjanjian utang itu. 

Melihat komposisi utang seperti itu, lanjutnya, muncul kekhawatiran terhadap risiko utang itu. Indonesia tentu tidak ingin bila nanti tiba-tiba ketiga perbankan itu menjadi jaminan utang atau tergadai.

“Tanpa kontrol DPR, semua hal bisa saja terjadi. Pemberi utang tentu tidak mau rugi. Tiba-tiba saja, misalnya, sudah terjadi share swap (tukar guling) atau tiba-tiba saja saham ketiga BUMN itu sudah dikuasai asing. Siapa yang tahu?” tanya dia.

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Heri Gunawan mengaku tidak diajak bicara oleh Menteri BUMN Rini Soemarno tentang pengajuan utang Rp 43 triliun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News


BERITA LAINNYA