Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akademisi Apresiasi Langkah Pemerintah Bantu India Memerangi COVID-19

Rabu, 12 Mei 2021 – 21:57 WIB
Akademisi Apresiasi Langkah Pemerintah Bantu India Memerangi COVID-19 - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat Pelepasan Bantuan Tabung Berisi Oksigen ke India di Cikande, Serang, Banten, Senin. Foto: ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Gas Indonesia berkomitmen mengirimkan bantuan kepada India berupa 3.400 unit tabung gas oksigen atau senilai Rp.2 Miliar untuk membantu India keluar dari pandemi Covid-19 gelombang kedua. Bantuan ini dikirimkan secara bertahap.

Untuk tahap pertama, penyerahan bantuan tabung gas oksigen sebanyak 1.400 unit dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto di Cikande, Serang, Banten pada Senin (10/5).

Ia menyebut bahwa bantuan tabung berisi oksigen ke India tidak akan mengganggu pasokan oksigen di dalam negeri, karena produksi gas oksigen RI yang melimpah. "Ini sudah mempertimbangkan kebutuhan dalam negeri, jadi tidak akan mengganggu pasokan oksigen nasional,” jelas Menko Airlangga.

Menanggapi hal tersebut, pengamat Hubungan Internasional Teuku Rezasyah menyampaikan pujiannya terhadap langkah pemerintah Indonesia yang memberikan bantuan kemanusiaan kepada India yang tengah menghadapi pandemi Covid-19 gelombang kedua. Indonesia sendiri juga berjuang menghadapi pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Ini perlu kita puji, kita apresiasi. Artinya niat baik pemerintah Indonesia mengerahkan para pengusaha, membantu India harus kita hargai. India sendiri berbatasan langsung dengan ujung Aceh. Jadi ini suatu misi kemanusiaan, sekaligus prinsip menjaga hubungan baik yang strategis antara Indonesia dan India" ujar Reza.

Sementara sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan bahwa rencana pengiriman vaksin Astrazeneca yang dibuat di India periode Maret dan April 2021 sejumlah 10,3 juta dosis ditunda akibat embargo yang terjadi di negara tersebut. Situasi ini terjadi karena India sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Menanggapi hal itu Reza menilai adanya faktor historis dan idealisme hubungan saling bantu antara Indonesia dan India yang telah berlangsung lama.

“Meski komitmen pendistribusian vaksin antara kedua negara terhambat, namun pemerintah Indonesia tetap mendukung India agar keluar dari pandemi Covid-19 gelombang kedua. Ini adalah wujud spirit solidaritas antar negara di kawasan Asia Afrika untuk saling membantu mewujudkan dunia bebas Covid-19," ungkap Reza.

Pemerintah Indonesia melalui kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Gas Indonesia berkomitmen mengirimkan bantuan kepada India berupa 3.400 unit tabung gas oksigen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close