Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akibat Embargo di India, Pengiriman Vaksin AstraZeneca ke Indonesia Ditunda

Minggu, 28 Maret 2021 – 06:05 WIB
Akibat Embargo di India, Pengiriman Vaksin AstraZeneca ke Indonesia Ditunda - JPNN.COM
Vaksin buatan AstraZeneca. Foto: Reuters/Peter Cziborra

jpnn.com, JAKARTA - Rencana pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia periode Maret dan April 2021 ditunda akibat embargo yang terjadi di India.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, situasi ini terjadi karena India sedang mengalami kenaikan kasus COVID-19, sehingga tidak mengizinkan vaksin tersebut keluar dari negara tersebut.

"Jadwalnya kita (Indonesia) dapat vaksin gratis dari Covax-GAVI, sudah dapat kemarin vaksin AstraZeneca gratis 1,1 juta dosis. Rencananya kita dapat 2,5 juta pada 22 Maret, kemudian April akan dapat 7,8 juta dosis. Ternyata ditunda, karena ada isu India embargo vaksin," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers secara daring, Sabtu (27/3) malam.

Budi Gunadi mengatakan India memiliki kemampuan produksi vaksin AstraZeneca paling besar di dunia.

Dijelaskan, Covax-GAVI selaku penyedia vaksin AstraZeneca di Indonesia, sedang berupaya menjadwalkan ulang pengiriman vaksin AstraZeneca ke sejumlah negara.

Menteri Kesehatan bersama Kementerian Luar Negeri dijadwalkan melakukan pembicaraan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) guna mengupayakan vaksin AstraZeneca bisa dikirim ke Indonesia pada Mei atau Juni 2021.

"Nanti saya bersama Menlu segera membicarakan ini dengan WHO, dan mudah-mudahan Mei atau Juni sudah bisa lagi dilakukan pengiriman," katanya.

Budi menyebutkan, jumlah peserta vaksinasi di Indonesia sudah mencapai 10 juta orang hingga Jumat (26/3) dengan kecepatan vaksinasi di Indonesia sudah sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Rencana pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia ditunda akibat embargo yang terjadi di India.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close