Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aksi Nyata Mahasiswa UNDIP KKN di Desa Cingkrong dalam Mencegah Stunting, Keren!

Kamis, 11 Agustus 2022 – 22:20 WIB
Aksi Nyata Mahasiswa UNDIP KKN di Desa Cingkrong dalam Mencegah Stunting, Keren! - JPNN.COM
Mahasiswa UNDIP yang sedang KKN sosialisasi pencegahan stunting di Dusun Tegal Giling, Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jateng. Foto: dok.Mutiara Cinta for JPNN.com

jpnn.com, GROBOGAN - Masalah stunting atau anak gagal tumbuh menjadi isu penting dan mendapat perhatian serius dari Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi pada peringatan Hari Keluarga Nasional 2022 di Kota Medan, Sumut, 7 Juli 2022, menyebut target pada 2024 mendatang angka stunting dapat ditekan menjadi 14 persen.

Sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, tergerak ikut membantu menekan angka stunting.

Mahasiswa Undip peserta KKN di Desa Cingkrong, yakni Kulli Fahmun Fatimah, Renta Nirmala Hastutik, Mutiara Cinta, Intan Wulandari, Hefrida Sari Buwana, Dese Adelia Meisya Dinni, dan Whena Tsani Tandhu Irman.

Mereka melakukan KKN sejak 5 Juli dan berakhir 18 Agustus 2022, dengan Dosen Pembimbing Lapangan, yakni Dra. Dewi Rostyaningsih, M.Si.

Dalam keterangan tertulisnya, mereka menjelaskan bahwa berdasarkan hasil survei, kasus stunting di wilayah Jawa Tengah sendiri masih ada 19 daerah yang masuk kategori kuning atau prevalensi 20 sampai 30 persen.

Kemudian 15 kabupaten/kota lainnya berkategori hijau dengan prevalensi di kisaran 10 hingga 20 persen.

“Di Jateng juga ada satu daerah yang masuk kategori biru karena ada di 9,6 persen yaitu Kabupaten Grobogan. Kondisi stunting sendiri dapat terjadi karena kurangnya nutrisi yang didapatkan oleh ibu hamil selama menjalani masa kehamilan mereka,” demikian keterangan tertulis yang dikirim Mutiara Cinta, salah satu peserta KKN, kepada JPNN.com, Kamis (11/8).

Sejumlah mahasiswa Undip Semarang yang KKN di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Grobogan, tergerak ikut membantu menekan angka stunting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close