Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aksi Tanggap Bea Cukai Bersama Instansi Pemerintah dalam Penanganan Covid-19

Kamis, 26 Maret 2020 – 19:51 WIB
Aksi Tanggap Bea Cukai Bersama Instansi Pemerintah dalam Penanganan Covid-19 - JPNN.COM
Bea Cukai dan instansi pemerintah bersinergi dalam penanganan virus corona. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai di berbagai wilayah bersama instansi lain telah bersinergi membuat kebijakan untuk menangani pandemi corona. Hal itu guna mewujudkan upaya pemerintah dalam pencegahan dan penyebaran virus Corona.

Diawali oleh Bea Cukai Merauke, pada Rabu (18/3) telah mengadakan rapat bersama otoritas Bandara Mopah, TNI, Imigrasi, Karantina, maskapai penerbangan, dan pihak RSUD Merauke.

Kepala Kantor Bea Cukai Merauke Nazwar menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rapat telah dibentuk satu tim untuk pelaksanaan penanganan Covid-19.

“Kami telah melakukan simulasi mengenai pelaksanaan penanganan Covid-19 ini di Bandar Udara Mopah, seperti penyediaan thermal scanner yang digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh dan pemberlakuan Health Alert Card (HAC) sebagai media penyuluhan bagi penumpang dan kru pesawat,” ujar Nazwar.

Kemudian, untuk mengantisipasi penyebaran virus di Merauke khususnya di wilayah perbatasan, pemerintah melalui tim gabungan Customs, Immigration, Quarantine and Security (CIQS) telah menutup sementara akses keluar masuk di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota Merauke.

Senada dengan Nazwar, Kepala Kantor Bea Cukai Tual, M. Anshar juga menyatakan bahwa pihaknya turut membuat berbagai upaya penanganan Covid-19 bersama pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

“Beberapa kebijakan yang dihasilkan antara lain, mengeluarkan instruksi WFH, menyediakan 2 rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dan 11 posko kesehatan, membatasi lalu lintas orang yang masuk ke Maluku, dan memberlakukan screening test untuk pendatang,” jelasnya.

Sementara itu, pada Minggu (22/3) lalu, Bea Cukai Tanjungpinang telah berkontribusi dalam mengamankan kedatangan Tim Satgas pengambilan obat dan peralatan kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona serta memperlancar pengiriman alat kesehatan tersebut di Apron Barat Lanud Raden Sadjad Natuna.

Bea Cukai di berbagai wilayah bersama instansi lain telah bersinergi membuat kebijakan untuk menangani pandemi corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close