Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alat Berat Disiagakan di Daerah Rawan Longsor

Jumat, 21 Februari 2020 – 22:32 WIB
Alat Berat Disiagakan di Daerah Rawan Longsor - JPNN.COM
Kondisi rumah yang terdampak bencana longsor di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jumat (21/2). Foto: ANTARA/HO Diskominfo Garut

jpnn.com, GARUT - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut menyiagakan dua kendaraan alat berat di Talegong dan Cisewu sebagai daerah rawan longsor di wilayah selatan Garut untuk mempercepat proses menyingkirkan material longsoran tanah.

"Kami mulai fokuskan alat berat di titik lokasi vital longsor, khususnya di jalan utama kabupaten, provinsi, maupun jalur nasional di selatan Garut," kata Kepala Dinas PUPR Garut Luna Aviantrini, Jumat.

Ia menuturkan, selama ini Dinas PUPR Garut telah menyiapkan kendaraan alat berat jenis eskavator, loader hingga dump truk yang siap diterjunkan ke lokasi bencana tanah longsor.

Namun longsor yang seringkali terjadi di pelosok, kata dia, menjadi hambatan kendaraan alat berat menuju titik lokasi sehingga terjadi keterlambatan untuk menyingkirkan material longsoran itu.

"Selama ini terkendala oleh jauhnya akses lokasi dari tempat alat berat, selain itu lokasinya yang sulit jadi hambatan untuk proses evakuasi," katanya.

Ia menambahkan, Pemkab Garut terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk menyiapkan alat berat tambahan di wilayah selatan Garut yang menjadi kawasan rawan longsor.

Apalagi saat ini, lanjut dia, intensitas hujan cukup tinggi sehingga bisa memicu terjadinya bencana longsor di wilayah selatan Garut.

"Kami terus lakukan koordinasi dengan dinas terkait termasuk dengan provinsi untuk tetap siaga," katanya.

Alat berat yang disiagakan untuk mempercepat proses menyingkirkan material longsoran tanah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close