Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alba si Orang Utan Albino dan Unyu Akhirnya Reunian di Hutan

Jumat, 28 Februari 2020 – 22:31 WIB
Alba si Orang Utan Albino dan Unyu Akhirnya Reunian di Hutan - JPNN.COM
Alba si orang utan Albino yang telah dilepasliarkan KLHK beberapa waktu lalu. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, KAPUAS - Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) dan Yayasan BOS (Borneo Orang Utan Survival Foundation) melepasliarkan tiga orangutan yang telah di rehabilitasi beberapa waktu lalu.

Usai dilakukan pelepasan, kini ketiga orang utan itu diamati oleh Tim Post-Release Monitoring (PRM). Saat proses pengamatan terhadap Unyu, salah satu orang utan yang dilepasliarkan, tim menyaksikan pertemuan kembali Unyu dengan Alba, satu-satunya orang utan albino yang pernah diketahui.

Direktur KKH Indra Exploitasia mengatakan, saat mereka mengatahui hal itu, pihaknya sangat gembira. Mengingat Alba dan Unyu sebelumnya bersama menjalani proses rehabilitasi di Yayasan BOS Nyaru Menteng.

"Tim PRM yang terdiri dari rekan-rekan Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya dan Yayasan BOS saya minta untuk terus mengamati perkembangan Alba ini sampai tiga bulan ke depan. Kami benar-benar ingin memastikan Alba bisa hidup mandiri dan sejahtera di hutan,” ujar dia dalam keterangannya, Jumat (28/2).

Indra menerangkan, tiga tahun silam tepatnya pada 29 April 2017, BKSDA Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Kepolisian Sektor Kapuas Hulu, dan Yayasan BOS menyelamatkan orang utan Alba, di Desa Tanggirang, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Setelah menjalani rehabilitasi selama hampir dua tahun di Nyaru Menteng, Alba dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya di TNBBBR pada 18 Desember 2018 silam.

Kepala BTNBBBR Agung Nugroho menambahkan, Tim PRM terdiri dari orang-orang terpilih, sebagian besar di antaranya masyarakat lokal, yang bertugas untuk memastikan para orang utan yang dilepasliarkan di Taman Nasional ini hidup liar namun sejahtera.

Partisipasi mereka juga menjamin keberlanjutan program, satu hal yang sangat penting dalam upaya pelestarian alam, dan keanekaragaman hayati.

Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) dan Yayasan BOS (Borneo Orang Utan Survival Foundation) melepasliarkan tiga orangutan yang telah di rehabilitasi beberapa waktu lalu.c

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close