Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alhamdulillah, Lebaran Bisa Serentak

Sidang Isbat Tetapkan Besok Idul Fitri

Selasa, 30 September 2008 – 13:50 WIB
Alhamdulillah, Lebaran Bisa Serentak - JPNN.COM
Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni mengatakan, keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan berbagai masukan dan data dari titik rukyatulhilal dan hisab. Data tersebut, antara lain, fakta bahwa hilal (bulan baru) yang menjadi rujukan penentuan berakhirnya bulan Ramadan tidak terlihat di semua titik rukyat di seluruh Indonesia.

Selain pemerintah, sidang isbat dihadiri beberapa ormas Islam. Antara lain NU, Muhammadiyah, Syarikat Islam, dan Persis. Selain itu, hadir wakil kedutaan besar negara Islam di Jakarta.

Ketua BHR Depag yang juga Direktur Urusan Agama Islam Depag Muchtar Iljas menyampaikan hasil rukyatulhilal di 25 lokasi dari Banda Aceh hingga Jayapura melaporkan tidak melihat hilal. ''Ijtima (posisi sejajar antara bulan-matahari, dan bumi, Red) menjelang Syawal jatuh pada Senin, 29 September atau 29 Ramadan, pukul 15.12 WIB sehingga saat matahari terbenam, posisi hilal di sebagian wilayah Indonesia Timur masih di bawah ufuk," katanya. Dengan demikian, tegas dia, bulan Ramadan digenapkan menjadi 30 hari dan 1 Syawal jatuh pada Rabu, 1 Oktober 2008.

Karena ituDalam kesempatan itu, sejumlah wakil ormas Islam meminta agar disepakati kriteria yang sama dalam penentuan awal Ramadan, 1 Syawal, dan Idul Adha. Dengan begitu, di Indonesia tidak terjadi lagi perbedaan penetapan hari-hari tersebut.

JAKARTA - Pemerintah akhirnya memutuskan bahwa 1 Syawal 1429 H atau Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada Rabu 1 Oktober 2008. Keputusan itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA