Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AMANAH & Markas Aceh Kembangkan 12 Startup Lokal Lewat Program ADICT

Sabtu, 20 Juli 2024 – 19:11 WIB
AMANAH & Markas Aceh Kembangkan 12 Startup Lokal Lewat Program ADICT - JPNN.COM
Anak muda Aceh berusaha mengembangkan starup lokal. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, BANDA ACEH - Sebanyak 12 tim terpilih mengikuti private class program Aceh Digital Innovation and Creativity Techfest (ADICT). Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) bersama Markas Aceh.

Masing-masing tim terlebih dulu memperkenalkan produk dan layanannya pada hari pertama di Universitas Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Sabtu (20/7).

“Jadi sebenarnya startup-startup kita punya potensi di Aceh ini. Cuma, nanti yang perlu dikembangkan lagi adalah ekosistemnya. Jadi, ketika mereka punya ide itu mereka juga punya wadah,” kata salah seorang mentor, Muammar Khadafi.

Ke-12 tim merupakan perusahaan rintisan (startup) yang lolos kurasi dari tiga mentor ADICT, yakni Muammar Khadafi, Qurratu Aini dan Suhil Alfata. Para mentor adalah praktisi dan ahli yang sudah memiliki rekam jejak positif di bidangnya masing-masing.

Startup yang lolos kurasi antara lain Pandu Cerdas, Mugee, e-tikbroh.yak, Ludesc, Algae ID, Nutribox, Puleh, Portal Data & e-Budgeting Wisata Sabang, Virtual House, Jeut-Droen, Biocircular dan Datahara.

Para peserta dijadwalkan mengikuti mentoring selama dua hari, pada 20-21 Juli 2024. Kegiatan itu diharapkan dapat mengembangkan startup di Aceh dalam memahami dan mengeksplorasi peluang bisnis di industri digital.

Menurut Muammar, perkembangan startup di Aceh belum signifikan karena terkendala berbagai hal. Melalui ADICT, para peserta akan mendapatkan pendampingan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.

“Dengan mentoring ini, bisa diberikan knowledge dari para mentor yang sudah expert di bidang-bidangnya. Jadi, nanti teman-teman startup bisa gali sebanyak mungkin ilmu-ilmu terkait dengan cara mengembangkan startup mereka," katanya.

Total 12 terpilih mengikuti private class program Aceh Digital Innovation and Creativity Techfest (ADICT).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA