Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelatihan Kreasi AMANAH Lahirkan Berbagai Motif Batik Baru Khas Aceh

Sabtu, 24 Agustus 2024 – 23:14 WIB
Pelatihan Kreasi AMANAH Lahirkan Berbagai Motif Batik Baru Khas Aceh - JPNN.COM
Pelatihan kreasi batik dari AMANAH bersama anak muda Aceh. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, BANDA ACEH - Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) menambah koleksi motif batik baru di Aceh. Berbagai desain baru lahir dalam Pelatihan Kreasi Batik yang digelar di Rumoh Batik Malaka, Kabupaten Aceh Besar, 23-26 Agustus 2024.

Kegiatan itu diikuti generasi muda dari pengrajin batik lokal hingga mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Salah seorang peserta bernama Qurratun Aini mengaku banyak mendapatkan ilmu dari kegiatan itu.

“Kemarin melihat cara pewarnaan alami. Terus, hari ini menggambar motif di kain dan mencanting juga mengecat di sana. Senang, bisa menambah ilmu baru,” kata Qurratun di sela-sela pelatihan hari kedua, Sabtu (24/8).

Dia merupakan satu dari sedikit generasi muda di Aceh yang memilih untuk terjun dalam industri batik tradisional. Keseriusan untuk melestarikan batik lokal ditunjukkan dengan menggeluti profesi pengrajin batik sejak tahun lalu.

Qurratun juga mengikuti berbagai pelatihan untuk menambah kemampuannya seperti kegiatan yang diadakan AMANAH saat ini. Dia sangat antusias untuk membuat kreasi batik dengan motif buatannya sendiri.

Pada kesempatan itu, Qurratun membuat motif bergambar jantung pisang.

“Motif canting jantung pisang buatan saya sendiri. Motif jantung pisang (dipilih) karena itu lebih simpel untuk mencantingnya. Tidak penuh (motifnya) begitu,” ujarnya.

Para peserta lainnya juga membuat berbagai motif batik yang tak kalah menarik. Mulai dari gambar cengkeh dan berbagai jenis bunga seperti bunga seruneh dan bunga jempa yang dikombinasikan dengan pucuk tanaman paku.

Pelatihan kreasi dari AMANAH mampu melahirkan motif terbaru batik khas daerah Aceh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA