Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amerika Cabut Embargo Senjata Siprus, Turki Langsung Kebakaran Jenggot

Kamis, 03 September 2020 – 05:54 WIB
Amerika Cabut Embargo Senjata Siprus, Turki Langsung Kebakaran Jenggot - JPNN.COM
Menlu AS Mike Pompeo memastikan negaranya tak tertarik berperang dengan Iran. Foto: Reuters

jpnn.com, WASHINGTON - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa pihaknya berencana mengakhiri embargo senjata terhadap Siprus yang sudah berjalan selama 33 tahun terakhir. Rencana AS itu langsung memicu reaksi keras dari Turki.

Agresi Turki pada 1974 memecah wilayah Siprus jadi dua bagian. Turki hanya mengakui Republik Siprus Utara, yang merupakan boneka Ankara. Namun, negara itu tidak diakui oleh negara lain. Beberapa perundingan damai sempat berlangsung, tetapi tidak berhasil.

Pemerintah AS menjatuhkan embargo senjata ke Siprus pada 1987 untuk mendorong penyatuan wilayah dan menghindari ancaman adu kekuatan senjata di negara pulau tersebut.

“Siprus merupakan mitra penting di wilayah Mediterania Timur,” kata Pompeo di media sosial Twitter, Rabu (2/8).

“Kami akan mencabut pembatasan penjualan alat pertahanan dan jasa terkait untuk Republik Siprus pada tahun fiskal mendatang,” terang Pompeo.

Langkah AS itu diumumkan Pompeo di tengah memuncaknya ketegangan di Mediterania Timur antara Turki, sekutu Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Yunani.

Turki dan Yunani memperebutkan hak kepemilikan perairan di wilayah Mediterania Timur yang diduga menyimpan banyak sumber hidrokarbon. Keduanya punya pendapat berbeda mengenai jarak antara landas kontinen ke perairan sengketa tersebut.

Presiden Siprus Nicos Anastasiades setelah berbicara lewat telepon dengan Pompeo mengatakan pihaknya menyambut baik rencana AS itu.

Perubahan kebijakan Amerika soal Siprus membuat rezim Erdogan di Turki kelojotan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close