Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amien Rais Setuju Presiden Dipilih MPR Lagi, Irwan Demokrat Merespons Begini

Kamis, 06 Juni 2024 – 14:59 WIB
Amien Rais Setuju Presiden Dipilih MPR Lagi, Irwan Demokrat Merespons Begini - JPNN.COM
Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Irwan Fecho. Foto/Arsip : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Irwan Fecho menanggapi omongan mantan Ketua MPR RI Amien Rais yang mengungkit lagi wacana amendemen UUD 1945 untuk mengembalikan sistem pemilihan presiden melalui MPR.

Amien sebelumnya bicara soal amendemen UUD ketika bertemu pimpinan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (5/6).

"Usulan amendemen saat ini justru bisa memperburuk polarisasi politik di masyarakat. Seharusnya wacana yang dibangun adalah tentang mempersatukan rakyat, bukan malah membuatnya terpolarisasi," ujar Irwan di Jakarta, Kamis (6/6).

Legislator Partai Demokrat itu menilai bicara wacana presiden dipilih MPR dengan mengamendemen UUD tidak tepat secara waktu, serta menimbulkan pertanyaan publik.

Putra Kalimantan Timur (Kaltim) itu juga memandang pembicaraan soal amendemen UUD setelah pemilu dapat menciptakan ketidakstabilan politik dan mengganggu konsolidasi demokrasi yang baru saja berlangsung.

"Ini kan, kita baru selesai pilpres ya, presiden terpilih saja belum dilantik. Energi politik bangsa seharusnya difokuskan pada implementasi program-program Prabowo-Gibran, bukan pada perubahan konstitusional yang mendasar. Itu yang lebih dibutuhkan rakyat saat ini," ucap Irwan.

Sebelumnya, Ketua MPR periode 1999-2004 Amien Rais setuju sistem pemilihan presiden dikembalikan ke MPR seperti sebelum era reformasi.

Hal itu disebut Amien, termasuk yang dibicarakannya ketika bertemu pimpinan MPR itu kemarin.

Anggota DPR RI Irwan Fecho merespons omongan Amien Rais yang setuju presiden dipilih MPR lagi melalui amendemen UUD. Begini kalimatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close