Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak dan Menantu Jokowi Maju Pilkada, Begini Respons Puan Maharani

Senin, 16 Desember 2019 – 20:44 WIB
Anak dan Menantu Jokowi Maju Pilkada, Begini Respons Puan Maharani - JPNN.COM
Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Jokowi, dan Bobby Nasution, menantu sang presiden mengambil bagian dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2020. Gibran mendaftar ke PDI Perjuangan Jawa Tengah sebagai bakal calon wali kota Solo. Sementara, Bobby mendaftarkan diri ke DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara sebagai bakal calon wali kota Medan.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan Gibran dan Bobby merupakan warga negara yang memiliki hak untuk bisa mencalonkan diri di pilkada sesuai mekanisme yang berlaku.

Menurut Puan, Gibran dan Bobby sekarang ini tengah mengikuti mekanisme yang berlaku di PDI Perjuangan untuk pilkada 2020 nanti.

“Kalau kemudian yang bersangkutan berdua itu dalam proses mekanismenya lulus, tidak ada yang tidak memperbolehkan Gibran dan Bobby maju dalam kompetisi pilkada. Kalaupun nanti mendapatkan rekomendasi, ya silakan rakyat yang memilih. Bahwa memang calon yang dipilih adalah calon pilihan rakyat,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/12).

Jadi, Puan sekali lagi menegaskan bahwa sudah menjadi hak warga negara untuk maju dalam kompetisi pilkada. Karena itu, dia mengingatkan, jangan karena menganggap anak A atau B atau siapa pun tidak memiliki hak politik untuk ikut dalam satu kompetisi.

Lebih lanjut Puan mengatakan elektabilitas dan lainnya tentu menjadi pertimbangan DPP PDI Perjuangan dalam memberikan rekomendasi.

“Semua tentu saja akan menjadi pertimbangan. Toh pilkadanya juga masih 2020 bulan September. Masih lama banget, ini pergantian tahun 2020 saja belum,” ujar Puan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa pihaknya mempertimbangkan untuk mendukung Gibran dan Bobby. Dia menegaskan bahwa pertimbangan itu bukan karena Gibran dan Bobby merupakan anak serta menantu Jokowi.

Menurut Puan, Gibran dan Bobby sekarang ini tengah mengikuti mekanisme yang berlaku di PDI Perjuangan untuk pilkada 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close