Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Muda Medan Antusias Mengeksplorasi Budaya Bersama Kelana Indonesiana

Jumat, 25 Agustus 2023 – 21:06 WIB
Anak Muda Medan Antusias Mengeksplorasi Budaya Bersama Kelana Indonesiana - JPNN.COM
Balai Media Kebudayaan (BMK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan lokakarya pembuatan animasi wayang atau aniwayang bagi kalangan pelajar dan komunitas di Medan pada Kamis (24/8). Foto: BMK Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Balai Media Kebudayaan (BMK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan lokakarya pembuatan animasi wayang atau aniwayang bagi kalangan pelajar dan komunitas di Medan pada Kamis (24/8).

Dalam lokakarya ini, anak-anak muda Medan tampak begitu antusias mengeksplorasi budaya bersama Kelana Indonesiana TV.

Kepala BMK Retno Raswaty mengatakan Indonesiana TV sebagai satu-satunya televisi kebudayaan Indonesia yang dikelola oleh Kemendikbudristek.

Dia menyebut saat ini rutin melakukan pengenalan budaya kepada anak-anak muda sebagai upaya mewujudkan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Pada lokakarya ini, teknik animasi khas Desa Timun menjadi materi yang memikat pelajar-pelajar perwakilan dari beberapa sekolah menengah kejuruan (SMK) serta komunitas seni dan budaya di Kota Medan,” ujar Retno.

Lokakarya ini, lanjut Retno, bertujuan menyebarluaskan dan memublikasikan kebudayaan di Indonesia melalui konten-konten menarik di Indonesiana TV.

“Tayangan kebudayaan di Indonesiana TV tidak membosankan, tetapi dikemas dengan rapi dan menarik. Sehingga bisa menjadi inspirasi dan dieksplorasi oleh pelajar, guru, dan pelaku budaya bahwa banyak objek kebudayaan yang bisa diangkat dan dijadikan konten. Kami juga berkolaborasi dengan platform Merdeka Mengajar,” ujar Retno.

Retno mengatakan generasi muda sekarang butuh alternatif tayangan, yang berisi beragam kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia.

Anak-anak muda Medan tampak begitu antusias mengeksplorasi budaya bersama Kelana Indonesiana TV.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close